BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)  - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon turut mendukung dan menyukseskan gerakan penanaman Satu Juta Pohon Untuk Indonesia melalui program KAI Go Green sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Aksi penghijauan pada ruang publik ini, dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero), pada hari ini, Selasa (10/01). Program ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara sekaligus mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. 

“Penanaman pohon merupakan salah satu program strategis perusahaan yang sesuai dengan PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan keberlanjutan ekosistem daratan,” ujar Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. Sampai dengan Desember 2022, KAI telah melakukan penanaman pohon sebanyak 77.000 pohon. Di awal tahun 2023 ini, KAI memulai dengan gerakan penanaman pohon, yang menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang dilaluinya. 


Pada kegiatan ceremonial penanaman di Daop 3 Cirebon, Vice President Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso, beserta jajaran Daop 3 Cirebon, melakukan penanaman pohon di Stasiun Cirebon Prujakan. Adapun total pohon yang ditanam sebanyak 300 pohon, dengan jenis Trembesi, Ketapang, Tabebuya dan Mangga, yang nantinya juga akan dialokasikan keseluruh wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon. 

Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon Untuk Indonesia ini terus disosialisasikan pada seluruh insan KAI agar tidak berhenti sebagai satu simbol, tetapi sekaligus membangun kesadaran mengenai lingkungan. Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang hijau, maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api. Lingkungan yang asri juga akan menyejukkan dan indah dari sudut estetika. 


Vice President KAI Daop 3 Cirebon, Takdir Santoso mengatakan, dukungan KAI pada program KAI Go Green ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan. “Penanaman pohon akan memberikan banyak nilai positif seperti menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, dapat menyerap polusi udara, sekaligus membantu pencapaian target emisi 0 pada tahun 2060. Upaya mendukung pelestarian lingkungan dengan menanam pohon ini semoga saja bisa terus dilaksanakan. Tidak hanya KAI, tetapi oleh berbagai pihak yang konsen terhadap lingkungan untuk berpartisipasi menjaga bumi,” tutup Takdir. (pgh) 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top