Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon siap meningkatkan pelayanan literasi kepada masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya. Salah satu upayanya dengan bertransformasi digital di berbagai layanan yang ada.

Kepala Dispusip Kota Cirebon, Gunawan, ATD., DEA., menjelaskan, upaya peningkatan layanan literasi selalu menjadi prioritas. Berdasarkan evaluasi program yang sudah dilaksanakan pada 2022, ada beberapa catatan yang memiliki perhatian lebih.

“Perpustakaan 400 ini tidak hanya berkutat pada pinjam dan baca buku, serta pengelolaan kearsipan. Tetapi lebih dari itu, yakni bisa menjadi tempat untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), misalnya komunitas ibu-ibu, agenda pelajar PAUD hingga sosial,” jelasnya.

Selain itu, sambung Gunawan, sarana prasarana juga perlu ditingkatkan. Meski saat ini masih dalam kondisi baik, tetapi tetap perlu pengembangan. Salah satunya yaitu peningkatan pencahayaan di perpustakaan.


“Dalam website itu ada segmen Sistem Informasi Koleksi Naskah Kuno (SINGKONO). Kemudian siapa pun bisa mengakses naskah kuno, buku langka, foto, gambar dan lukisan, majalah serta surat kabar langka,” terangnya.

Gunawan juga menambahkan, bahwa di tingkat perangkat daerah juga ada pengelolaan kearsipan dinamis. Pengelolaan akan menginduk dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).


“Kita sudah memohon akun kepada ANRI untuk pengelolaan arsip dinamis. Rencananya diujicobakan di tiga perangkat daerah, yakni Dispusip, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) dan Sekretariat Daerah (Setda),” ucapnya.

Pihaknya berharap, semua rencana ini bisa terlaksana dengan baik di tahun 2023 ini. “Kita matangkan, targetnya tahun ini bisa terlaksana semua. Semoga lancar,” katanya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top