AKB


E satu.com ( Kota Cirebon) - Seluruh warga Tionghoa akan merayakan Hari Raya Imlek besok Selasa (5/2). Untuk menambah keramaian Imlek, Laskar  Agung Macan Ali sebagai penggagas kegiatan ini  akan menyelenggarakan festival pecinan  Cirebon yang akan di lakasnakan selama 3 hari dari tanggal 3 sampai dengan 5 Februari 2023 usai Imlek atau dikenal cap go meh.

Panglima Tinggi Laskar Macan Ali  Prabu Diaz  menyebutkan hal ini adalah inisiasi dari perhimpunan. Menurut dia, akan ada kegiatan yang dinamakan festival pecinan, dengan tujukan mempersatukan umat beragama.

“ Kegiatan Festival Cirebon ini pertama kali diadakan di Kota Cirebon  dan terinspirasi dari kota Solo yang mendapat dukungan dari pemerintah Kotanya  dan ini untuk membuka wawasan masyarakat tentang kebudayaan Thionghoa

Nantinya warga akan dimanjakan dengan hiburan rakyat berbasis komunitas Tionghoa, misalnya daliong, barongsai, bahkan ada kaligfafi, drama musikal Sun Go Kong. Pertunjukkan musik dan lomba Karaoke  lagu mandarin pun akan hadir memanjakan telinga dan juga kuliner yang akan digelar diantaranya. Dimsum, Capcay dan makanan khas Thionghoa lainnya

                                                         

“Bedanya nanti biasa kita tambahin ada  Barokan, Tari Topeng, silat, Tarlingan  serta kesenian Cirebon Lainnya  dengan Tionghoa,” ungkapnya.

Acara Cap Gomeh akan diadakan mulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada 21.00 WIB. Prabu Diaz  optomis acara kali ini akan dihadiri banyak  warga, sebab yang menyelenggarakan acara ini tidak hanya satu kelompok ada Laskar Macan Ali. Ada Pemuda Thionghoa .

Anggaran dikeluarkan oleh komunitas berdasarkan urunan bersama ,Pemerintah Kota Cirebon baru akan menganggarkan ke depannya  seperti yang disdampaikan Oleh Kepala Dina DiSBUPAR Kota Cirebon Agus Sukmanjaya .Ssos.

  Prabu Diaz menambahkan  harapannya dengan kegiatan ini masyarakat dapat saling menghargai dalam perbedaan khusunya Di Kota Cirebon mari hadir dan ramaikan dalam menjaga Tolreransi ”.Pungkasnya ( Pgh)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top