E satu.com (Indramayu) - Kapolres Indramayu AKBP Dr. M. Fahri Siregar, menghadiri acara Loka Karya HPN tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Indramayu.

Gelaran acara dengan tema Kebijakan Pemerintah Terhadap Media Siber itu berlangsung di Grand Hotel Trisula Indramayu, Minggu 12 Februari 2023.

"Saya secara pribadi sebagai Polisi merasa dibesarkan dari teman teman media," kata Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar, kepada awak media, Senin (13/2/2023).

Menurutnya, perkembangan dunia siber saat ini harus dapat difahami oleh masyarakat Kabupaten Indramayu, dimana era digital perkembangannya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Data Dewan Pers tahun 2018, kata AKBP Dr. M. Fahri Siregar, menyebutkan jumlah media online kisaran 43 ribu. 

“Ini menunjukkan fluktuasi yang tak dapat terbendung. Namun demikian, bagi jajaran Polri saat ini sudah harus mengikuti arus perekembangan zaman dengan meningkatkan kualitas publikasi internal Polri melalui peran humas yang terstruktur,” terangnya.

Maka peran media Siber, kata Kapolres, dapat menjadi strategi komunikasi, dimana komunikasi massa sebagai bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) untuk menghubungkan komunikasi dengan komunikasi secara massal, dengan jumlah yang banyak, berada ditempat jauh, sangat heterogen dan menimbulkan efek - efek tertentu. Sementara media massa salah satu unsur komunikasi massa yang berperan sebagai saluran atau sarana dalam menyampaikan informasi atau pesan secara kredibel.

"Kehadiran media Siber saat ini sebagai komunikasi massa memberikan implikasi yang sangat tinggi dan memberikan perubahan eksistensi media konvensional," tuturnya.

AKBP Dr. M. Fahri Siregar menambahkan, media Siber saat ini memberikan ruang bagi siapapun untuk turut serta memproduksi dan menyebarkan informasi fenomena jurnalism warga atau yang dikenal dengan citizen journalism.

Ia juga memberikan apresiasi kepada SMSI Perwakilan Indramayu yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Loka Karya dengan mengundang narasumber yang sangat kompeten. Langkah ini menunjukkan bahwa jurnalis dibawah SMSI mampu memberikan hasil kerja jurnalistik yang kredibel.


Kapolres mengingatkan, jika dalam pengolahan data berita harus didasari dengan accuransi, balance, clarity menghasilkan kredibility. Sehingga media Siber harus menjadi mesin strategis komunikasi unggul.

"Sukses selalu untuk SMSI Perwakilan yang, semoga Loka Karya ini bermanfaat untuk Indramayu kedepan," pungkasnya. (Heri)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top