BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Indramayu)
- Yogas Putra Jati (23), pemuda asal Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu kini tak dianggap lagi sebagai seseorang penderita penyakit kejiwaan.

Yogas yang terindikasi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) berhasil sembuh setelah mendapatkan perhatian dari Bupati Indramayu Nina Agustina. Yogas memperoleh pembiayaan pengobatan gratis di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua Bandung Jawa Barat.

Kesembuhan Yogas membuat keluarga semakin haru sekaligus gembira manakala Kepala Desa Jatimulya, Rastim didampingi Tim Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu menghantar kepulangan Yogas ke kediaman orang tuanya, di Blok Pedati II Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Rabu (15/2/2023).

Diakui Kepada Desa Jatimulya, Rastim melalui Lurah Mista, lewat layanan Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) Desa Jatimulya, pihaknya melakukan penghantaran pengobatan Yogas pada 30 Januari lalu.  Setelah dinyatakan sembuh pada 15 Februari, Mista melakukan penjemputan hingga memfasilitasi syarat-syarat kepulangan Yogas ke kediaman orang tuanya.

"Sebelumnya orang tuanya melapor ke I-Ceta Desa Jatimulya memohon bantuan agar anaknya bisa di rawat. Setelah itu kami melaksanakan pelayanan dan langsung mengantarkan anak tersebut ke RSJ Cisarua Bandung. Alhamdulillah Yogas Putra Jati, anak dari Bapak Wasda telah sembuh melalui pengobatan di RSJ Cisarua Bandung," katanya.

Sementara Anggota Tim Tagana Dinsos Kabupaten Indramayu, Tarno menerangkan, Yogas berhasil sembuh usai memeroleh bantuan pengobatan gratis melalui Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Penerima Bantuan Iuran (BPJS PBI).

“Pembiayaanya pengobatan menggunakan BPJS APBD. Alhamdulillah sembuh dan tadi malam kami Tagana Dinsos Kabupaten Indramayu dan Pemdes Jatimulya yang memfasilitasi hingga penjemputan dia (Yogas) sehingga pada hari ini anak tersebut telah berkumpul lagi bersama keluarganya kembal,” katanya.

Diterangkannya, sebelumnya Yogas mengalami gangguan kejiwaan seperti diam seorang diri dalam kamar dan sering mengamuk membanting barang peralatan rumah (TV), bahkan memukul orang tuanya. Namun setelah mendapatkan pengobatan berkat kepedulian Bupati Nina Agustina, kini kondisi Yogas sudah dinyatakan sembuh.

“Dulunya diam di rumah, jika ada seseorang (tetangga) ngobrol disangkanya sedang membicarakan Yogas sehingga ngamuk atau marah. Jadi akhirnya berlarut-larut akhirnya orang tua mengurung Yogas dalam kamar. Tetapi karena ingin adanya kesembuhan lalu Yogas dirawat di RSJ Cisarua Bandung dan sembuh, kondisinya saat ini bisa diajak ngobrol dengan nyambung,” pungkasnya.

Sementara itu Wasda (orang tua Yogas) menyampaikan terima kasih Bupati Indramayu dan Pemdes Jatimulya yang telah membantu memberikan bantuan untuk kesembuhan buah hatinya. (Iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top