E satu.com (Cirebon) - Pemerintah Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan pembetukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) desa.

Bertempat diaula kantor Kecamatan setempat beberapa hari yang lalu. Dihadiri oleh Camat Depok Edi Prayitno, S.IP, Kapolsek Depok, Danramil, Sekretaris Kecamatan Depok Eva Noviana, SE, Kasi trantib kecamatan Depok, Kuwu se Kecamatan Depok, Puskesmas Waruroyom, Korwil Bidikcam Depok serta tamu undangan lainnya.

Dalam Wawancaranya dengan awak media, Camat Depok Edi Prayitno menjelaskan, bahwa pembentukan FKDM desa bertujuan untuk mendorong terciptanya stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban serta mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan disuatu daerah atau wilayah termasuk diwilayah kecamatan dan desa maka perlu adanya pendeteksian dan pencegahan dini " salah satunya dengan mengoptimalkan peran forum dialog masyarakat seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) " jelasnya.

Menurut Camat Edi Prayitno, FKDM sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dini dan antisipasi berbagai potensi bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang menggangu kehidupan sosial masyarakat " dibentuknya FKDM desa dikecamatan Depok, In Syaah Allah dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan suasana kondusif dilingkungan serta dapat berperan dalam rangka menangani dan menanggulangi konflik sosial yang dapat meresahkan masyarakat " ungkapnya.

Untuk memperkuat kelembagaan dalam meningkatkan kewaspadaan dini dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) perlu dibentuk FKDM baik itu ditingkat kecamatan maupun desa " FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat " ucapnya, rabu (1/2/23).

FKDM berperan dalam melakukan pencegahan dan pendeteksian dini terhadap potensi konflik yang terjadi dan mengganggu kondusivitas wilayah " guna memaksimalkan peran FKDM dalam pendeteksian dan kewaspadaan dini masyarakat maka perlu sinergitas antara pihak kecamatan, polsek, Koramil, pemerintah desa, puskesmas, Korwil bidik, berbagai pihak, unsur dan elemen " pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top