BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Magelang) - Sebagai bagian rangkaian kunjungan studi banding sebelumnya dalam rangka mewujudkan Akademi Militer menjadi World Class Military Academy, kembali Gubernur Akademi Militer Mayor jenderal TNI Legowo WR Jatmiko, S.IP., M.M melaksanakan kunjungan Studi Banding mendampingi Danjen Akademi TNI beserta rombongan ke United State Military Academy (USMA) West Point Amerika Serikat,  pada tanggal 15 Maret 2023. 

Pada pelaksanaan Studi banding ke USMA, Gubernur Akademi Militer mendampingi Danjen Akademi TNI Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, SE., MM beserta delegasi yang terdiri atas Dirdik Akademi TNI Brigjen TNI Dody Muchtar T, Kolonel Kav Haerus Shaleh, mayor Inf Dian dan didampingi oleh Atase darat Amerika Kolonel Arh Camas Sigit. Kegiatan kunjungan dimulai dengan pemberangkatan menggunakan kendaraan darat dari dari New York city menuju West Point dengan menempuh waktu sekitar satu jam.


Dalam kegiatan kunjungan, Danjen Akademi, Gubernur Akmil beserta  rombongan diterima oleh Staf USMA dilanjutkan dengan Westpoint History Tour untuk mendengar penjelasan tentang sejarah West Point sejak didirikan tahun 1802. Setelah Tour Danjen Akademi, Gubernur Akmil dan rombongan diterima oleh Komandan Taruna (_Commandant of the Cadets_) BG. Mark Quander didampingi oleh _Deputy Commandant_ Kolonel Kelly diruangannya dilanjutkan dengan kegiatan courtesy call untuk mendengar secara langsung penjelasan dari Komandan Taruna USMA overview tentang USMA dan kehidupan tarunanya. Pada kesempatan yang baik itu, Danjen Akademi TNI dan Gubernur Akmil menyampaikan bahwa kesempatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi kedua akademi militer dan tentunya kedua negara untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama kedepannya. Dengan adanya Kunjungan ini akan menjadi fondasi yang baik untuk bisa terus berbagi ilmu dan wawasan tentang dunia dan pengembangan perwira menjadi pemimpin di institusi dan juga pemimpin nasional kedepannya serta menjadikan Akademi Militer sebagai World Class Military Academy. Selanjutnya, para pimpinan melaksanakan kegiatan saling bertukar cinderamata dari Danjen Akademi TNI dan Gubernur Akmil kepada Komandan Taruna USMA dan juga dari Komandan Taruna USMA kepada Danjen Akademi dan Gubernur Akmil. Sebagai lambang  kehormatan dan kebanggaan Gubernur Akmil menyerahkan cinderamata berupa Poniard (Katga) berkepala burung Garuda berwarna kuning emas yang melambangkan Kesatriaan, dimana poniard ini merupakan salah satu kelengkapan seragam khas Taruna Akademi Militer.

Kegiatan berikutnya, Danjen AKademi TNI, Gubernur Akmil beserta seluruh delegasi mendapatkan kesempatan melaksanakan Makan siang Bersama di Mess Hall Taruna bersama seluruh Taruna USMA dengan jumlah sekitar 4200 orang. Kegiatan makan siang bersama diawali dengan kegiatan apel (Formation) Taruna USMA didepan Mess hall, dimana pada saat itu salah satu taruna Akmil yang sedang mengikuti Pendidikan di USMA atas nama Koptar Roosevelt Purba turut mendampingi selama kegiatan. Berikutnya, Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil dan rombongan meninjau ruangan kelas tempat PBM taruna USMA didampingin oleh Koptar Roosevelt Purba. Gubernur menyampaikan rasa bangga dengan hasil evaluasi Pendidikan Koptar Purba di USMA, dimana pada semester pertama yang telah dilalui, Koptar purba mencatatkan hasil GPA/IP yang cukup istimewa diangka 3,7. Harapan Gubernur Akmil Koptar Purba tetap konsisten memberikan yang terbaik selama menjalani Pendidikan.


Setelah Pelaksanaan makan siang Bersama, Danjen Akademi, Gubernur Akmil dan rombongan mendengarkan paparan Academic Board USMA oleh Mr. Brent Matthews (_assistant professor_) dilanjutkan pelaksanaan diskusi.Dengan berakhirnya diskusi maka berakhir pula kegiatan kunjungan di USMA. kegiatan kunjungan studi banding di tutup dengan pelaksanaan berfoto bersama dan Selanjutnya Danjen Akademi TNI, Gubernur Akmil dan rombongan bertolak kembali menuju New York.

Sumber : Penhumas Akmil
Editor : Iwan
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top