E satu.com (Cirebon) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon hari ini melaunching Sekolah siap Qris, atau Sekolah Sehat, Inovatif, dan Aman pakai (siap) Qris di SMK Negeri 1 Cirebon, Senin (20/3/23).

Dalam Wawancaranya dengan awak media, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan, SMK Negeri 1 Cirebon dipilih sebagai pionir sekolah siap Qris, karena dinilai paling siap dalam penerapan transaksi digital atau Non - tunai.

" Dilihat dari kesiapan dan juga kondisi sekolah ini dalam mendigitalisasi semua aspek, dari pembayarannya, transaksi di sekolah, pembayaran di koperasi dan juga kantin itu semua sudah menggunakan digital atau non tunai," katanya.

Diharapkan kedepannya sekolah siap Qris dapat teraplikasi disekolah lainnya di Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka (Ciayumajakuning).


" Diharapkan juga teraplikasi di sekolah lain, oleh karenanya kita undang Kantor Cabang Dinas KCD Pendidikan wilayah IX dan X Jawa Barat. Disini sebagai sampling atau pionir kita berharap disekolah lain juga menerapkan sekolah siap Qris, karena kedepannya Qris mewarnai transaksi di sekolah," katanya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala SMK Negeri 1 Cirebon Arifuddin mengatakan, sekolahnya telah siap untuk menerapkan ekosistem digital, terutama dengan penerapan Qris. Tanggapan siswa sangat senang karena kebanyakan siswa telah mengenal Qris. Pihaknya akan melakukan penerapan secara masif di setiap layanan keuangan, seperti transaksi di kantin, koperasi, dan Blu yang ada di sekolah. Diharapkan anak - anak dapat melek literasi keuangan dan siap menghadapi tantangan digital.

" Harapannya anak melek literasi keuangan, yang kedua anak SMK Negeri 1 Cirebon tidak gagap teknologi, dan sudah siap untuk menghadapi tantangan digital, terutama digitalisasi keuangan," katanya.


" Cirebon Bersinergi" mengusung konsep penguatan TPID - TP2DD yang dilaksanakan pada tanggal 20 - 21 Maret 2023 di SMK Negeri 1 Cirebon dan Mall UKM Cirebon.

Launching sekolah siap Qris, merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian " Cirebon bersinergi", yang merupakan flagship program Festival Ekonomi keuangan Digital Indonesia, Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBPR), dan Festival Ekonomi Syariah (FESyar). (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top