E satu.com (Indramayu) - Cuaca yang cerah membangkitkan semangat anak-anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) dalam mengikuti rangkaian giat rutin program Sabtu Ceria di Taman Tjimanoek, Kabupaten Indramayu, Sabtu (11/3/2023).

Agenda Sabtu Ceria kali ini turut diramaikan oleh ratusan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari Kecamatan Juntinyuat, Karangampel, Krangkeng, dan Kedokan Bunder.

Dalam giat Sabtu Ceria tersebut, tampak keceriaan dan antusias anak-anak, orang tua, serta guru, ketika menyambut Bupati Indramayu, Nina Agustina didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Indramayu, Rinto Waluyo, beserta jajaran perangkat daerah di Kabupaten Indramayu.

Selain sebagai kepala daerah, orang nomor satu di Indramayu yang juga merupakan Bunda Paud sangat mengayomi dan menyambut hangat dengan mendukung, menyapa, serta berbincang bersama para guru dan anak-anak, sekaligus berpesan untuk para guru dan orang tua tetap terus bersemangat membimbing anaknya untuk meraih masa depan yang cerah.

Seperti diketahui, program Sabtu Ceria yang dicanangkan Bupati Indramayu Nina Agustina yang diselenggarakan setiap minggunya oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Indramayu ini sebagai sarana edukasi pembelajaran di luar kelas, sekaligus wadah pengembangan kreativitas anak didik di lingkup Kabupaten Indramayu guna mengasah minat dan bakat yang dimiliki.

Pada kesempatan yang sama, Penanggung jawab Agenda Sabtu Ceria, Ririn Oce Iskandar menyampaikan, kegiatan Sabtu Ceria merupakan gagasan dan ide brilian Bupati Nina Agustina, karena dapat memberi ruang edukasi dalam dunia Pendidikan.

Ririn Oce Iskandar mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina yang telah hadir pada Sabtu Ceria, serta kepada pihak terkait yang telah mendukung jalannya kegiatan, sehingga Sabtu Ceria bisa berlangsung dengan baik, lancar dan sukses.

“Terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah hadir dan menyapa keceriaan anak-anak pada giat rutin Sabtu Ceria, terima kasih pula untuk OPD terkait. Dengan ini, sangat menambah kemeriahan keceriaan berlangsungnya giat," ujarnya.


Masih lanjut Ririn, dirinya berharap program Sabtu Ceria dapat berlanjut, di mana 90% dalam program ini yakni pemberian edukasi dengan tujuan menciptakan generasi penerus Indramayu terbentuk dengan baik, guna melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas guna menuju visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

Sementara itu, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Indramayu, Roaenah pun menyampaikan terima kasih yang sebesarnya kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah menggagas program Sabtu Ceria.

Rangkaian edukasi yang terlaksana antara lain Simulasi Mitigasi Bencana dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Pengenalan Pemadam Kebakaran bersama Tim Pemadam Kebakaran dari Satpol PP-Damkar Kabupaten Indramayu, serta Literasi dan Dongeng dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu.

Selain itu, Sosialisasi Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi dengan Disduk-P3A Kabupaten Indramayu, Pelatihan Olahan Ikan dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu, Penguatan Ketahanan Keluarga yang Berkarakter dengan PKK Kabupaten Indramayu.

Sementara itu pengembangan kreativitas minat dan bakat anak yakni Mengaji (Surat-Surat Pendek), serta Tari Tradisional.


Menurut Roaenah, Taman Tjimanoek ini bukan hanya tempat rekreasi, namun sebagai taman eduwisata bagi masyarakat umum. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada OPD terkait yang telah berkolaborasi menyalurkan edukasi bagi anak-anak.

"Pendidikan menjadi yang pertama dan utama. Semoga Himpaudi Kabupaten Indramayu makin jaya, dan program Sabtu Ceria dapat berlanjut meningkatkan potensi anak didik sebagai upaya mewujudkan Indramayu Bermartabat," pungkasnya. (Iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top