BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) - Dimulai pada Jumat (17/3/23) saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ziarah ke sejumlah sunan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hari ini Selasa (21/3/23) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istrinya Siti Atikoh, melakukan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati yang ada di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Menempuh perjalanan darat dari Jakarta seusai menerima Baznas Award 2023, Ganjar tiba di kompleks Makam Sunan Gunung Jati bernama asli Syarif Hidayatullah sekitar pukul 16.00 WIB.

Ketika tiba, Ganjar disambut oleh Kasultanan Kanoman, Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran dan sejumlah tokoh di Cirebon, serta pengurus makam sunan gunung jati.


Ganjar Pranowo langsung ziarah. Dari Sunan Gunung Jati, Ganjar belajar tentang sosial kemasyarakatan dan pemerintahan berkeadilan.

" Alhamdulillah ziarah terakhir di Sunan Gunung Jati ini mengajarkan banyak hal kepada kita semua tentang sosial, kemasyarakatan dan pemerintahan.

Sunan Gunung Jati adalah satu - satunya Wali Songo yang bergelar Sultan. Dan yang paling berkesan lanjut Ganjar, adalah sosok Sunan Gunung Jati yang selain tokoh agama juga tokoh di pemerintahan dan penyebaran agama Islam.

" Dan tentu saja, karena beliau Sultan, jadi ada urusan di pemerintahan juga.

" Terbentuknya kasultanan di Cirebon, itu menunjukkan bagaimana tokoh agama pada saat itu tidak hanya berpikir pada soal agama, tapi ternyata juga ada di pemerintahan," ucapnya.

Hal itu, lanjut Ganjar, menjadi contoh yang baik. Dengan bergabungnya tokoh agama dalam pemerintahan, maka pengelolaan pemerintahan dilakukan dengan nilai - nilai yang baik.

" Ada tuntunan dari agama dan tentu saja buat saya yang di pemerintahan menjadi penting belajar dari leluhur kami dari para sunan ini.

Pemerintahan yang diajarkan Sunan Gunung Jati adalah govermance yang bermuara pada keadilan.

" Dari kemarin berkeliling, selalu mendapatkan pelajaran berharga dari beliau semua,' terangnya.


Hal itu harus ditiru oleh para pemimpin bangsa saat ini, karena keadilan bagi rakyat adalah segalanya " Adil yang mutlak tentu saja manusia banyak kekurangan.

" Tapi menuju keadilan itu menjadi sesuatu yang sangat bijaksana untuk diteladani.

Rangkaian nyadran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berziarah ke makam Wali Songo Sunan Gunung Jati sudah selesai," pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top