E satu.com (Indramayu)
- Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat menyatakan Pemerintah Kabupaten Indramayu siap menyambut pelaksanaan arus mudik lebaran 2023 yang bakal di lintasi pemudik di Jalur Pantai Utara Indramayu.

Hal ini disampaikan Asda Jajang ketika mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina dalam rapat kordinasi Lintas  Sektoral  Operasi Ketupat Lodaya tahun  2023 terkait persiapan jelang arus mudik Idul Fitri 1444 H/2023, di Ruang Rapat Patria Tama Polres Indramayu, Rabu (12/04/2023).

Asda Jajang mengatakan, wilayah Indramayu berada di perlintasan jalur pantura akan dilintasi para pemudik dimana tahun 2023 bahkan mengalami peningkatan jumlah pemudik baik roda dua maupun empat mudik. Sehingga sejumlah fasilitas yang disediakan Pemerintah Kabupaten Indramayu perlu dipersiapkan dengan serius agar nantinya para pemudik bisa nyaman.

“Bakalan ada peningkatan jumlah pemudik, sehingga harus ada perhatian lebih sehingga para pemudik akan merasa aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan mudik di wilayah Indramayu, seperti tahun-tahun sebelumnya Indramayu akan menyediakan posko pengamanan dan fasilitas rest area yang terbaik bagi para pemudik,” katanya.

Diharapkannya, jelang kesiapan Operasi Lodaya 2023 bagi petugas gabungan nantinya dalam melaksanakan pengamanan dan kelancaran arus mudik untuk selalu berkomunikasi  menjadi satu kesatuan terpadu dalam mempersiapkan segalanya.

“Sehingga  keamanan dan kenyamanan pemudik yang melintas di wilayah Indramayu. Kita harus mempersiapkan dengan baik seperti apa yang di sampaikan presiden Joko Widodo bahwa agar seluruh daerah mempersiapkan di daerah masing-masing dengan baik, untuk itu seluruh pihak yang terkait,” harapannya.


Adapun kesiapan yang akan diupayakan oleh para pemangku kepentingan dalam menghadapi arus mudik lebaran 2023 ini seperti sarana jalan raya dan penerangan, sarana angkutan umum, posko pengamanan, posko kesehatan, posko BPBD, kesiapan pemasangan marka jalan dan penutupan di beberapa ruas jalan, kesiapan pertamina dalam penyediaan bahan bakar pom bensin di jalur pantura dan jalan Tol adapun posko terpadu terdapat di Jembatan Timbang Losarang yang melibatkan beberapa instansi berupa stan posko dan juga terdapat fasilitas rest area dan stan oleh-olen produk UMKM Indramayu.

Adapun pengaturan jalan raya oleh Satuan lalu lintas Polres Indramayu ketika terjadi kemacetan akan menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa One Way dan juga pengalihan jalur lalulintas melalui jalur Celeng kecamatan Lohbener, Indramayu kota, Karangampel, Krangkeng, Cirebon dan brebes.

Sedangkan akan ada pemantauan dan pengamanan khusus terkait daerah rawan macet, rawan kecelakaan, rawan kejahatan dan rawan banjir oleh satuan khusus dari Polres Indramayu dan dibantu oleh TNI dan Satpol PP Indramayu  dan unsur terkait lainnya yang merupakan kegiatan dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik sampai tempat tujuan yaitu kampung halaman. (iwan)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top