BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)  - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon  telah menetapkan masa angkutan Lebaran Tahun 2023 selama 19 hari, mulai 14 April sampai 2 Mei 2023. Guna memastikan kesiapan personel, Daop 3 Cirebon  melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran di halaman Parkir Stasiun Cirebon.

Vice President Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso, Jum’at (14/4) menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh pekerja Kantor Daop 3 Cirebon, perwakilan dari posko-posko di stasiun, petugas pengamanan dari unsur internal KAI yakni Polsuska dan security, serta bantuan eksternal yaitu TNI, Polri serta petugas tambahan/relawan dari masyarakat, Customer Service Mobile dan Komunitas Pencinta Kereta Api (RF) IRPS Korwil Cirebon dan RF KRD3.


“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan seluruh personel pengamanan Angkutan Lebaran Tahun 2023 yang akan bertugas mulai 14 April 2023 hingga 2 Mei 2023,” ujar Takdir Santoso.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa kereta api, PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon menyiapkan personel keamanan yang terdiri dari personel Polsuska 94, personel security 113, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri sebanyak 50 anggota.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA serta obyek-obyek penting lainnya, seperti Dipo lokomotif dan kereta, dengan total petugas 257 orang. Serta tetap menjalin komunikasi dan koordinasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA.


Pada bidang pelayanan, PT KAI Daop 3 Cirebon menambah petugas “Customer Service Mobile” (CSM) untuk melayani para pengguna jasa di Stasiun selama masa angkutan Lebaran Tahun 2023. Untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan, petugas CSM ditempatkan di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan. Selain petugas CSM ada juga petugas Posko bantuan Komunitas Pecinta Kereta Api (RF) IRPS Korwil Cirebon dan KRD3 dengan tugas memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun ramai penumpang.

Untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes. Serta koordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat.

PT KAI Daop 3 Cirebon  melakukan upaya sebaik mungkin untuk mendukung masa angkutan Lebaran 2023 berjalan aman, nyaman dan berkesan, antara lain pencegahan bencana banjir dengan melakukan normalisasi saluran air di bawah jalur Kereta Api dari tumpukan sampah, sedimen (pendangkalan saluran), perkuatan tubuh jalan KA dengan pancangan dari rel bekas dan bronjong, serta penempatan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di 17 titik, yaitu di Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan,  dan Songgom. PT KAI juga menyiapkan petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) ekstra 25 orang, dan petugas posko daerah rawan ekstra 9 orang. Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.


Vice President PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, Takdir Santoso menyampaikan, selama Masa Angkutan Lebaran 2023 menyiapkan armada sarana yang handal, baik lokomotif dan Kereta. Untuk sarana Lokomotif, Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 Lokomotif seri CC 201 dan 206, sedangkan untuk kereta menyiapkan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir, 2 Trainset untuk KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember dan 2 Trainset untuk KA Argo Cheribon tambahan relasi Cirebon-Gambir. 

PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan 104.864 tempat duduk selama masa angkutan Lebaran Tahun 2023 dengan keberangkatan dari Stasiun wilayah Daop 3 Cirebon tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jember. Untuk Tujuan Jakarta dengan kereta api Argo Cheribon terdapat 45.760 tempat duduk, tujuan Jawa Timur dan Jember dengan KA Ranggajati terdapat 11.132 tempat duduk sedangkan tujuan Jawa Tengan dengan KA Kaligung sebanyak 38.280 tempat duduk dan KA Tambahan Lebaran sebanyak 9.692. 

Diperkirakan tanggal 20 April 2023 puncak kedatangan masyarakat dan 26 April 2023 akan menjadi puncak masyarakat akan menggunakan jasa kereta api. Selama angkutan Lebaran di wilayah Daop 3 Cirebon, akan ada perjalanan 153 KA, dengan rincian KA reguler sebanyak 103 KA, KA tambahan Lebaran sebanyak 26 KA, dan KA barang sebanyak 24 KA. ”KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Angkutan Lebaran Tahun 2023 masih cukup banyak tersedia. Pada masa Lebaran ini, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Masa Angkutan Lebaran merupakan momentum di mana seluruh Insan KAI akan memberikan kinerja terbaik, hal tersebut kami upayakan agar kereta api tetap menjadi pilihan favorit masyarakat saat mudik Lebaran,” tutup Takdir Santoso.


KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Untuk menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan KA Lokal/Aglomerasi sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementrian Kesehatan Nomor HK.02.02/11/3984//2022. Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2023, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (pgh) 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top