E satu.com (Ilaga, Papua) 
- Sudah menjadi komitmen dari awal bagi Satgas Mobile Raider 300/Siliwangi bahwa selain melaksanakan tugas pertempuran mereka juga bertekad untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat di daerah penugasan Papua. (9/10)

"Pembagian beras Bulog dari Pemerintah Pusat merupakan bukti nyata bahwa negara hadir untuk membantu kesulitan masyarakat Papua, dan kami selaku Apkam dalam hal ini berkewajiban membantu Pemda setempat untuk mengawal penyalurannya  agar dapat sampai ke masyarakat yang membutuhkan". Ujar Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, S.I.P (Dansatgas Mobile Raider 300/Siliwangi) seperti yang disampaikan dalam release nya di Ilaga Kab. Puncak Papua Tengah. Selasa (10-10-2023).

Melihat situasi dan kondisi masyarakat Papua khususnya di Kab. Puncak tentunya akan menjadikan perhatian khusus bagi Pemerintah. Keterbatasan masyarakat dalam mengolah sumber daya alam menjadikan mereka kekurangan bahan makanan pokok terutama beras, ditambah lagi situasi keamanan yang masih belum stabil membuat roda ekonomi berjalan lambat cenderung menurun. Butuh biaya banyak bagi masyarakat yang ingin ideal memenuhi kebutuhan hidupnya karena tidak ada akses jalur darat, apa yang mereka butuhkan harus dikirim melalui pesawat agar sampai ke tempat dengan ongkos yang mahal. Dengan situasi dan kondisi seperti ini sudah barang tentu sebagian besar masyarakat Kab. Puncak tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan pasrah dengan hidup seadanya mengandalkan hasil bumi yang bisa mereka olah.

Bantuan beras Bulog ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI yang didistribusikan bekerjasama dengan Dinsos Kab. Puncak.  "Kami melaksanakan koordinasi yang baik dengan Apkam setempat untuk melaksanakan pengamanan ini, sehingga pendistribusian bantuan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar" tambah Dansatgas. 

Sehubungan dengan terbatasnya sarana dan prasarana maka barang bantuan di wilayah 3 Kab. Puncak dipusatkan di Distrik Sinak. Sebelumnya masyarakat harus bersabar menunggu karena barang bantuan tidak sekaligus bisa terkirim dan harus disimpan terlebih dahulu di gudang Koperasi Pemda. "Bantuan berupa beras Bulog ini merupakan pembagian pada Triwulan III untuk Wilayah 3 Kab. Puncak sebanyak ± 47 ton yang mencakup 8 Distrik diantaranya yaitu Distrik Sinak Induk, Sinak Barat, Yugumoak, Nigilome, Mageabume, Pogoma, Bina, Kemburu dan Oneri sedangkan Distrik Agandugume dan Lambewi langsung didistribusikan lewat Bandara Agandugume. Saya selaku aparat pemerintah tingkat Distrik mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah terutama kepada Satgas Raider 300 Siliwangi yang telah mengawal bantuan ini sehingga distribusinya dapat berjalan dengan aman dan lancar", ujar Bpk. Kitinus Talenggen S. Sos (Sekdis Sinak Induk).

Dansatgas berharap dengan kegiatan Pengamanan dan Pengawalan distribusi bantuan logistik dari Pemerintah ini secara optimal dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Kab. Puncak Prov. Papua Tengah. 

Sumber : Yonif Raider 300 Siliwangi
Editor : Iwan

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

654

Back To Top