Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Kabupaten Cirebon )
- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag mengapresiasi kegiatan lomba nyanyi solo lagu perjuangan antar SMA/SMK se-Kabupaten Cirebon, yang digagas oleh Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan dan Kejuangan 45 di Ruang Nyi Mas Gandasari, Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Selasa (7/11/2023).

Menurut Imron, generasi muda sekarang harus mengerti dan paham tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Pasalnya, kemerdekaan tidak lepas dari para pejuang dahulu.

"Sekarang, anak muda harus mengerti sejarah perjuangan, lagu-lagu perjuangan untuk memupuk rasa cinta kepada bangsa dan tanah air, serta harus tertanam di hati," kata Imron.

Imron berharap, dengan adanya lomba nyanyi solo lagu perjuangan ini bisa menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan Indonesia kepada generasi muda.

"Nanti, masa depan negara dan bangsa, khususnya Kabupaten Cirebon, berada ditangan adik-adik sekalian. Kalian merupakan penerus kemerdekaan," lanjutnya.

Ia mengungkapkan, lagu perjuangan memang mulai tergerus dengan lagu-lagu modern saat ini. Namun, kata Imron, dirinya mengajak kepada para generasi muda untuk tetap menempatkan lagu perjuangan di hati dan pikiran.

"Zaman semua sudah digital, tetapi  jangan lupakan lagu-lagu perjuangan, karena ini bisa menjadi perekat bangsa dan negara," tuturnya.

Selain itu juga, ia membandingkan bangsa Indonesia dengan bangsa lain, karena Indonesia memiliki keragaman suku, budaya, lagu daerah, bahasa dan lainnya yang membuat bangsa lain iri.

"Kita patut bangga, bangsa Indonesia memiliki semuanya yang tidak dimiliki bangsa lain," tambahnya.

Di tempat yang sama, Pengurus Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan dan Kejuangan 45 Kabupaten Cirebon, H. Deni Agustin mengatakan, kegiatan lomba nyanyi solo lagu perjuangan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 dengan tema "Melalui Jiwa Semangat Nilai-nilai 45, Kita Lestarikan dan Amalkan Pancasila dan UUD 1945".

"Alhamdullilah, lomba nyanyi solo lagu perjuangan ini diminati oleh generasi muda. Terbukti, yang ikut mencapai 50 peserta siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Cirebon," kata Deni.

"Ini merupakan kebanggaan sendiri, biasanya, pada lomba nyanyi diikuti paling banyak 20 hingga 30 peserta, sekarang pesertanya banyak sekali," ungkapnya.

Selain lomba nyanyi solo lagu perjuangan, kata Deni, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan lain yang masih berhubungan dengan Hari Pahlawan.

"Kita nanti akan memberikan santunan kepada para veteran yang ada di Kabupaten Cirebon dengan jumlah bantuan 150 paket sembako," imbuhnya.

Sumber : Diskominfo Kabupaten Cirebon
Editor : Iman
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top