BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) - Ratusan Satuan Pelindungan Masyarakat (Satlinmas) se - Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, mengikuti pelatihan, untuk dipersiapkan sebagai bagian dari pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pemilu 2024.

Komandan Kodim (Dandim) 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Robil Syaifullah mengatakan anggota Satlinmas yang dilibatkan untuk pengamanan di Pemilu 2024 berjumlah 3.082 orang, disetiap kecamatan akan mendapat pelatihan selama dua hari.

" Pelatihan ini di lakukan selama dua hari. Hari pertama materi oleh TNI, KPU, Satpol PP dan BPBD dan hari kedua akan dilakukan pelatihan kedisiplinan," ucapnya, Rabu (29/11/23).

Robil Syaifullah melanjutkan dalam rangka menghadapi Pemilu Serentak 2024, peran dan tugas yang sangat besar dalam menjaga dan mengamankan saat pemungutan suara di TPS.

" Kegiatan ini diharapkan petugas Satlinmas dapat menginformasikan kembali kepada masyarakat. Satlinmas sebagai petugas keamanan dilingkungan masing masing dalam memelihara keamanan dan kenyamanan masyarakat," tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengatakan, Satlinmas bagi KPU sangat strategis. Karena sebagai garda terdepan untuk memberikan rasa aman, tertib dan ketentraman bagi petugas KPPS saat bertugas tugas di TPS.

" Mulai dari tahapan TPS Linmas sudah mulai di libatkan, kemudian pengawalan kotak suara serta menjaga ketertiban saat perhitungan suara," ujarnya.

Mardeko melanjutkan, Satlinmas merupakan pengamanan dari unsur masyarakat dan dibekali kemampuan untuk membantu penanganan bencana, memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

" Tugas Satlinmas ini salah satunya membantu kegiatan memelihara ketentraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum, serta membantu upaya pertahanan negara," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya dasar hukum, maka tiap TPS wajib memiliki dua orang Linmas untuk mengawasi dan membantu penyelenggaraan Pemilu. Posisi Satlinmas dalam penyelenggaraan Pemilu merupakan posisi yang sangat penting.

" Satlinmas bertugas mulai dari saat pembuatan TPS hingga selesainya penghitungaan suara dilakukan. Melihat tugas yang begitu beratnya. Anggota Linmas yang dapat bertugas di TPS hanya yang dinyatakan sehat setelah dilakukan uji kesehatan dan akan diberikan batasan usia maksimal di Pemilu 2024," pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top