BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Kabupaten Cirebon) -
Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri peluncuran gerakan sarapan bersama sekaligus meresmikan gedung usaha kesehatan sekolah (UKS) di SMPN 1 Sumber, Selasa (20/2/2024).

Bupati Imron mengatakan, kehadiran gedung UKS ini tidaklah sekadar sebuah bangunan fisik, tetapi merupakan simbol dari komitmen bersama dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan peserta didik, yang pada akhirnya akan membawa dampak positif bagi kemajuan Kabupaten Cirebon.

“Saya sangat berharap keberadaan ruang UKS agar selalu terintegrasi, mulai dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat yang didukung dengan manajemen/tata kelola yang baik,” kata Imron.

Dengan adanya gedung UKS ini, ia berharap, SMP Negeri 1 Sumber dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi siswa-siswinya, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan upaya pencegahan penyakit.

Melalui kolaborasi antara sektor pendidikan dan kesehatan, diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan optimal siswa dalam segala aspek.

“Mungkin, di banyak sekolah, yang tersisa hanya plang namanya UKS. Kalau pun masih ada ruang UKS, mungkin kondisinya kurang terawat dengan baik,” ujarnya.

“Oleh karena itu, kami minta kepada kepala SMP Negeri se-Kabupaten Cirebon, untuk membuat terobosan mempercepat pengembangan UKS di sekolahnya masing-masing,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Ronianto, S.Pd., M.M menambahkan, bahwa di Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon sudah ada beberapa program.

Diantaranya, yaitu program bebas sampah plastik. Tiap-tiap anak dan tiap-tiap sekolah tidak lagi diperbolehkan menggunakan sampah-sampah plastik. Oleh karenanya, anak-anak diharuskan membawa peralatan sendiri, baik itu untuk makan maupun minum.

“Seperti program sarapan bersama Bupati Cirebon di SMPN 1 Sumber ini, dalam rangka memberikan edukasi kepada anak-anak, agar bisa memakan makanan empat sehat lima sempurna. Kemudian anak-anak juga diajarkan untuk mengurangi sampah,” kata Ronianto.

Dikatakan Roni, sapaan akrabnya, melalui dana BOS Kabupaten Cirebon tahun kemarin sudah memberikan bantuan kepada siswa, yaitu berupa tempat makanan dan minum, sehingga ketika mereka jajan di sekolah sudah memakai tempat makan yang telah disediakan, bukan lagi plastik.

“Dampaknya adalah pengurangan sampahnya yang sangat luar biasa. Kita lebih kepada edukasi, agar anak-anak terbiasa hidup sehat dan bisa mengurangi sampah, bukan hanya di sekolah, namun di lingkungan rumahnya,” sambungnya.

Terkait UKS, lanjut Roni, sebenarnya sudah ada di beberapa sekolah, diantaranya di SMPN 1 Weru, SMPN 1 Dukupuntang dan sekarang di SMPN 1 Sumber.

“Mudah-mudahan sekolah-sekolah lain bisa menyusul. Tapi, kita melihat kondisi ruangannya juga, kalau ruangan terbatas, ya tidak sebesar ini, tetapi yang penting fasilitas UKS di tiap sekolah ada,” pungkas Roni.

Sumber : Diskominfo Kabupaten Cirebon
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top