E satu.com - Festival Keraton Nusantara ke XI siap digelar di Kota  Cirebon. Sejumlah persiapan telah dilakukan tuan rumah khususnya Keraton Kasepuhan, kanoman, kacirebonan, dan keprabonan dalam menyambut Festival Keraton Nusantara (FKN) XI, yang akan digelar pada tanggal 15 - 19 September 2017 mendatang.
Seluruh keraton Se- Indonesia akan menampilkan adat dan budayanya dalam FKN tersebut.Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadingrat dalam jumpa persnya, senin (4/9) mengungkapkan, FKN akan diisi dengan gelar budaya Nusantara, seperti penampilan tradisional maupun kontemporer akan dimeriahkan juga oleh band Barudak Tuna Netra Berkarya. “Pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, Tari Palagan Nyimas Gandasari, dan lain sebagainya,''ungkapnya Gelar Budaya Nusantara menjelang acara puncak FKN 2017 juga akan diisi dengan kegiatan workshop membatik, pameran fotografi dan workshop pembuatan topeng. Hal yang tidak kalah menarik adalah pengunjung bisa menikmati adanya mini planetarium yang didukung oleh LAPAN Goa Sunyaragi . 
“Gelar budaya ini akan menggabungkan kreasi seniman muda di Cirebon,”ucapnya FKN XI ini tidak hanya dihadiri oleh keraton-keraton di Indonesia, namun juga oleh raja dan sultan dari luar negeri.“Event ini akan dihadiri raja-raja nusantara dan luar negeri serta para tamu undangan dan para perajuritnya,'' jelasnya Dirinya berharap, gelaran akbar budaya ini akan membawa dampak ekonomi positif bagi warga Cirebon.“Ribuan orang dari Kesultanan di seluruh Nusantara akan datang ke Cirebon. Tentunya akan ikut meningkatkan ekonomi bagi pelaku usaha di Cirebon,” Katanya
Selain itu juga Festival Keraton Nusantara XI 2017 dikota Cirebon Juga akan di meriahkan dengan diadakannya lomba panahan tradisional se-Indonesia bekrjasama dengan KPBI ( Komunitas Panahan Dan Berkuda Indonesia )" Ungkapnya ( Pgh)

Post A Comment: