Presiden RI Joko Widodo Akan Hadir Di Cirebon
E satu.com -   Rencana Kunjungan Presiden RI Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi direncanakam bakal menghadiri penutupan  Festival Keraton Nusantara (FKN) XI yang dihelat di Kota Cirebon pada 15 hingga 19 September (18/09)
Rencana tersebut terlihat dengan lalu lalangnya kendaraan Paspampres dan persiapan penyambutan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cirebon ,begitu juga tamapak siswa SMA 2 Kota Cirebon Cirebon melakukan gladi bersih tadi malam Di Gua Sunyaragi.

Seperti yang pernah dikemukakan  oleh Sultan Kasepuhan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat mengatakan Jokowi direncanakan hadir pada perhelatam akbar bagi raja-raja di Indonesia itu.

"Beberapa hari lalu saya ketemu dengan presiden, Insya Allah Pak Presiden akan datang ke sini (Cirebon). Tapi belum dipastikan tanggal berapanya ya," kata Sultan Arief saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/9).
Arief mengatakan sebelum pelaksanaan FKN XI di Kota Cirebon, Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri terlebih dahulu. Untuk itu, sambungnya, presiden belum bisa memastikan tanggal berapa bisa datang menghadiri FKN. Sultan pun sudah mengantisipasi jika Jokowi tak bisa hadir pada FKN.
"Beliau (Jokowi) kan ada kunjungan ke Eropa. Tanggal 15 itu beliau baru balik dari kunjungannya ke luar negeri, kan bersamaan dengan hari pertama FKN. Kalau gak datang kan ada gubernur, kemudian kita undang juga kementerian terkait. Tapi kita masih nunggu kepastian presiden dulu," ucapnya.
Presiden RI Joko Widodo Akan Hadir Di Cirebon Dalam Rangka Menutup FKN 2017Ditambahkan Sultan, dalam FKN nanti akan ada musyawarah raja-raja yang akan membahas tentang keratonan, kondisi bangsa dan negara, serta menghasilkam rekomendasi tentang pelaksanaan FKN nanti. Sebelumnya, musyawarah raja-raja pada FKN lalu menghasilkan sebuah undang-undang Nomor 5/2015 tentang kemajuan kebudayaan.
"Kita mendorong itu (UU Nomor 5/2015) pada FKN lalu. Kemuningkinan di sini akam muncul juga rekomendasi tentang kebudayaan atau ekonomi, nanti tegantung dari kondisi yang ada," katanya.Seperti diberitakan sebelumnya, tamu undangan yang akan hadir di pehelatan akbar FKN sebanyak 8 ribu undangan, di mana 100 tamu berasal dari kekeratonan atau kesultanan. Sementara itu, sebanyak 150 untuk para raja dan sultan yang rencananya bakal hadir di FKN.
Panitia juga manargetkan pasca perhelatan FKN, destinasi wisata yang ada di Cirebon, baik budaya, sejarah, kuliner, dan belanja bisa lebih dikenal. Selain didukung dengan adanya FKN, peningkatan wisatawan juga ditunjang oleh pembangunan infrastuktur di Wilayah III Cirebon yang mulai berkembang.
Sultan Arif berharap Presiden Joko Widodo bisa hadir pada saat penutupan FKN 2017 ini, sehingga akan  terlihat makna dan kesan dari kegiatan ini sendiri" Ungkapnya  ( Pgh)


Post A Comment: