E satu.com - Festival Keraton Nusantara ke XI 2017 jatuh di Kota Cirebon setelah 20 tahun lamanya dan sempat vakum selama sembilan tahun Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI melepaskan rasa kangen masyarakat Cirebon atas kegiatan tersebut ,selain memberikan hiburan juga memberikan dampak langsung terhadap geliat ekonomi masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota  Cirebon, Jawa Barat yang tahun ini sebagai tuan rumah.

FKN XI yang berlangsung selama lima hari, 15-19 September 2017 dimeriahkan dengan gelaran kesenian dan kebudayaan dari 50 kesultanan dan raja-raja yang ikut dalam festival budaya tersebut.
Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti mengatakan, FKN XI merupakan salah satu festival budaya untuk mendukung target mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 165 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air tahun ini.

“FKN selain sebagai sarana pelestarian budaya nusantara, juga menjadi sarana promosi pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Cirebon,” kata Esthy Reko Astuti ketika menghadiri acara pembukaan FKN XI oleh Sultan Sepuh ke-14 Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Jumat (15/9/) dalam siaran pers Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar. Sultan Sepuh ke-14 Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat  mengharapkan agar kegiatan FKN di Cirebon berlangsung lebih meriah serta memberikan banyak manfaat bagi masyarakat secara ekonomi dan pariwisata.

Meningkatnya perekonomian dampak dari kegiatan sangat merata baik sektor Perhiotelan ,Transportasi , dan masih banyak yang lainnya khususnya di sektor kuliner makanan khas Cirebon ramai di serang Wisatawan  Lokal dan International.
Selama lima hari berlangsungnya FKN XI dimeriahkan dengan sejumlah acara berupa pergelaran seni dan budaya bernuansa keraton antara lain Kirab Agung Prajurit Keraton, Pergelaran Kesenian Keraton, Pergelaran Upacara Adat Keraton, Pergelaran Busana Keraton, Pameran Benda-Benda Pusaka Keraton, dan Pertemuan Raja/Sultan Nusantara.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di 3 keraton yang ada di Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Kacerbonan.,Beberapa titik tempat milik Keraton juga dipersiapkan seperti Taman Air Sunyaragi menjadi tempat utama dalam mendukung pelaksanaan FKN XI. 

Selama lima hari kegiatan festival berlangsung diperkirakan akan menarik sekitar 10.000 pengunjung.Jumlah kunjungan wisman ke Cirebon tahun 2016 sebanyak 6.831 orang atau naik sebesar 75 persen dibandingkan tahun 2015 sebanyak 1.710, sementara kunjungan wisnus pada tahun 2015 sebanyak  481.223 orang. hal ini menunjukan bahwa sektor Pariwisata diindonesia masih sangat menjajikan untuk di kelola lebih baik. ( Pgh)

Post A Comment: