Lampung Menjadi Peserta Terbanyak dan Terpanjang
E satu.com -  Warga Kota Cirebon dan sekitarnya tumpah ruah sepanjang jalan menyaksikan jalur kirab Keraton dari Alun-alun Kasepuhan hingga Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon, Sabtu (16/9). Ratusan peserta dengan menampilkan seni dan budaya dari masing-masing keraton. Berbagai pakaian adat dan Kereta kebesaran Keraton juga hadir mengiringi kirab Nusantara.
Sepanjang jalur masyarakat sangat antusias sekali dengan melintasnya satu persatu kerajaan dan keraton seakan melepas kerinduannya terhadap Festival Keraton yang pernah dilakasanakan di kota Cirebon 20 tahun yang lalu yang menampilkan seni dan budaya ,dalam kirab Keraton Nusantara warga dari berbagai daerah menyaksikan pertunjukan tersebut. Mereka mengagumi setiap rombongan melewati dengan berbagai  kekhasan yang dimilikinya.
“Saya sangat merindukan kegiatan ini setelah 20 tahun yang lau saya juga menyaksikan kegiatan FKN yang sebelumnya ".
Dari sekian peserta kirab yang melintas , Pasukan kerajaan adat Paksi Pak Sekala Bkhak kepaksian pernong Lampung menjadi peserta terbanyak dan terpanjang saat berlangsungnya kirab budaya pada Festival Keraton Nusantara ( FKN) XI di Cirebon, Jawa Barat, sabtu (16/9).
Sebanyak lebih dari 350 pasukan kerajaan membentuk barisan sepanjang lebih dari 150 meter dengan formasi dua baris, sekaligus menjadi peserta terbanyak dan barisan terpanjang pada kirab budaya yang berlangsung di alun-alum kasepuhan cirebon.
kondisi tersebut menyita perhatian perhatian penonton yang terpukau dengan khasanah budaya dan adat Lampung.
”Ini peserta paling banyak dari kerajaan Lampung, pakaiannya kerajaan bagitu lengkap. Iring-iringan Pawai budayanya juga paling panjang,” ujar beberapa pengunjung yang menyaksikan kirab budaya..
Antusias peserta kirab tetap besar walaupun cirebon disengat matahari dengan suhu panas 35" namun itu tidak mengurangi peserta yang ikut dalam kirab tersebut . ( Pgh)

Post A Comment: