Pesona Danau di Batas Kota
Danau Setu Patok Cirebon
E satu.com - SETU PATOK, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota dan kabupaten Cirebon. Keindahan panorama yang disajikan membuat danau ini hampir tak pernah sepi dari pengunjung,terlebih lagi di hari libur. Pengunjung biasanya datang pada pagi dan sore hari, dimana saat pagi udara di tepi danau ini sangat sejuk dan cocok sekali untuk duduk bercengkrama menikmati pemandangan atau pun berolahraga seperti jogging dan bersepeda. Sore hari, pengunjung akan di suguhkan pemandangan sunset yang sangat indah. Pantulan sinar keemasan pada permukaan air danau ditambah dengan latar belakang Gunung Ciremai,semakin membuat suasana sore hari terasa istimewa.
Di danau ini, selain menikmati pemandangan, pengujung pun bisa memancing ikan dan berolah raga air seperti kano. Semua dapat anda lakukan dengan gratis tanpa di pungut retribusi. Disisi lain danau Setu Patok, terdapat ciwalk atau sebuah area wisata yang terletak di tepi danau. Ciwakl Setu Patok menyediakan fasilitas fasilitas seperti pondok wisata, area outbound, camping area dan kolam renang. Warung warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman ringan juga cukup banyak terdapat ditepi danau.
Danau  Setu Patok terletak di desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Danau ini memiliki ciri khas yakni terdapat sebuah bukit pada bagian tengah genangan air. Bila musim penghujan tiba danau ini akan terisi penuh dengan air, namun bila musim kemarau maka debit air nya akan berkurang drastis. Bahkan nyaris kering dan sebagian wilayah di danau akan berubah menjadi area pesawahan, ladang palawija hingga lapangan sepak bola.
Untuk menuju danau setu patok ini bisa di tempuh dari dua rute, melalui jalan raya Kalijaga kemudian menuju mundu atau dari jalan Ciremai Raya menuju Kelurahan Kalijaga Permai kemudian belok ke arah Mundu. Jalanan menuju lokasi danau sudah sangat baik, dapat dilintasi kendaraan kecil seperti sepeda motor bahkan kendaraan besar seperti bus. Namun berhati-hatilah saat berkendara menuju danau,karena banyak melintasi perkampungan yang cukup ramai sehingga banyak warga yang berlalu lalang atau anak-anak kecil yang bermain dipinggir jalan.
Danau setu patok ini cukup menarik dijadikan salah satu alternatif wisata dan tempat melepas lelah yang cukup murah meriah,tanpa harus mengeluarkan banyakwaktu dan biaya pengunjung dapat menikmati panorama alam yang indah.  (Dwi/E satu..com)

Post A Comment: