Cirebon Satu Data Dalam Smart CityE satu.com (crb) – Pemerintah kota Cirebon melalui Dinas komunikasi Informasi dan statistik membuat dalam rangka menuju smart city, yang membuat semua bentuk data dari segala sektor dapat terintegrasi dalam satu portal.
Tri selaku kepala bidang statistik mengatakan bahwa kegiatan Cirebon satu data ini sudah berjalan dua hari dengan tujuan untuk mengumpukan data dari masing-masing SKPD agar nanti ketika dimasukan ke dalam program bisa lebih akurat datanya
Sementara itu ditempat yang berbeda kepala Dinas Dkis mengatakan  "Kita sedang mengembangkan program 'Cirebon Satu Data' ini merupakan salah satu program menuju Kota Cirebon sebagai kota smart city." Katanya
Iing Daiman menambahkan  melalui program ini semua bentuk data dari segala sektor dapat terintegrasi dalam satu portal khusus sehingga mudah diakses oleh semua masyarakat. Sebagai langkah awal, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah SKPD, untuk menyamakan persepsi mengenai program yang akan dikembangkan tersebut.
Seperti halnya bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon untuk mengintegrasikan data kependudukan dalam Cirebon Satu Data.
"Tanggal 24 Oktober rencananya kita akan MoU dengan Diadukcapil Kota Cirebon," tuturnya.
Selain itu DKIS juga akan membentuk forum satu data, di mana forum tersebut adalah kumpulan para pejabat berwenang yang akan menyiapkan data di bidangnya yang akan dirilis dalam program Cirebon Satu Data.
"Kalau program ini sudah berhasil dikembangkan, maka akan bisa diakses untuk khalayak umum, akan tetapi juga akan ada pembatasan di beberapa data tertentu, sehingga hanya bisa diakses oleh sebagian pihak saja," kata dia lagi.
Iing berharap, program ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat, maupun instansi untuk melakukan akses data sesuai kebutuhannya dan yang lebih penting adalah untuk menghindari adanya manipulasi data ". Ungkapnya ( Pgh)

Post A Comment: