BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
E satu.com (Crb) – Dalam rangka memperingati hari Aids sedunia tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan didesa gebang mekar kabupaten Cirebon  dan diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan Aids ( KPA) Jawa barat . Kami 7 desember 2017.
Ratusan warga dari Desa Gebang Mekar mengikuti kegiatan tes HIV/AIDS di halaman Kantor Balai Desa Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon.
Hadir dalam kegiatan tersebut Sekertaris daerah Propinsi Jawa barat Iwa Karniwa dan Assisten daerah Bidang Pemerintahan Kabupaten Cirebon Beni, Ketua KPA Jawa barat Yoyoh Dan Ketua KPA Kota Cirebon Sri Maryati.
Ketua KPA Jawa Barat sebagai penyelenggara , Yoyoh mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program KPA Jawa Barat guna menanggulangi atau menangkal penularan penyakit HIV/AIDS yang dalam hal ini untuk warga di kalangan nelayan Desa Gebang Mekar. 
"Semoga dengan adanya ini bisa membantu pencegahan HIV/AIDS sejak dini, dan alhamdulillah selama tiga tahun ini sudah tidak ditemukan lagi penyakit HIV/AIDS di sektor pelabuhan," ujarnya kepada awak media.
Ia menambahkan, kegiatan ini bisa terselenggara dengan dibantu oleh pihak-pihak terkait, diantaranya Pelindo II, KSOP, instansi pemerintah dan swasta. "Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan men-support kegiatan ini," kata Yoyoh.

Sementara itu, Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa, yang turut hadir dalam kegiatan ini, menyebutkan jika penularan penyakit HIV/AIDS di wilayah Jawa Barat cukup tinggi, bahkan secara nasional menduduki peringkat kedua untuk penyakit HIV, sedangkan untuk penyakit AIDS ada di peringkat keenam.
"Kita diperingkat kedua HIV setelah Jawa Timur dan HIV keenam, dari tahun 1989 hingga Juli 2017 terdapat 29.533 kasus HIV dan penyakit AIDS ada 8.043 orang," ungkapnya.
Selanjutnya, Iwa menjelaskan, berdasarkan data yang ada, diperlukan sebuah upaya serius, sistematis, tegas, tepat dan terintegrasi dari seluruh komponen stakeholder yang ada. Menurutnya sampai saat ini banyak dari masyarakat yang belum tahu tentang penularan dan pencegahan dari penyakit ini

"Penyakit ini bisa tertular melalui penggunaan narkoba jarum suntik secara beramai-ramai, seks bebas dengan berganti-ganti pasangan, dan juga seks sesama jenis," jelas Iwa.
Dalam kesempatan ini pula Iwa memeriksakan diri untuk di tes HIV/Aids
“ Yang lain diperiksa kenapa saya tidak” Ungkapnya
Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top