E satu.com ( Crb) - Dinilai berhasil dalam pembangunan lalu lintas dan angkutan jalan, Kota Cirebon kini kembali mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang keempat kalinya dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kamis (7/12). 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berkesempatan menyerahkan piala dan plakat WTN yang merupakan penghargaan dari Kementerian Perhubungan RI ini kepada Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan di Pendopo Kabupaten Kuningan. Dalam pemberian penghargaan tersebut, sebagai wujud apresiasi terhadap kerja keras Pemda Kota dan Pemda kab, Wakil Gubernur, Dedi Mizwar pun turut serta memberikan hadiah berupa kendaraan operasional roda empat kepada masing-masing penerima penghargaan WTN.

Adanya pemberian hadiah tersebut, diharapkan Dedi Mizwar akan semakin memotivasi untuk terus meningkatkan kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan baik pada aspek administrasi, teknis dan operasional maupun aspek kebijakan kepala daerah dalam pembangunan transportasi perkotaan. Termasuk pengawasan kelayakan kendaraan, manajemen dan rekayasa lalu lintas serta modernisasi sarana prasarana lalu lintas.
“Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas lalu lintas, Dinas Perhubungan di masing-masing daerah perlu lebih menekankan upaya penguatan etika berlalu lintas sebagai bagian dari budaya bangsa. Misalnya melalui upaya pembinaan, penyuluhan dan pendidikan berlalu lintas sejak usia dini dan kampanye keselamatan berlalu lintas dengan melibatkan partisipasi masyarakat juga harus terus dilakukan,” Tuturnya.
Sementara menurut Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH dirinya merasa bersyukur dan bangga atas kembali diraihnya penghargaan WTN untuk Kota Cirebon. Azis juga mengatakan dengan adanya penerimaan penghargaan WTN ke empat kalinya ini, hal yang paling utama dilakukan yakni bagaimana hasil yang telah dicapai dapat dilestarikan dan harus dapat ditingkatkan lagi agar penghargaan yang diperoleh dapat pula meningkat kategorinya.

“Kota Cirebon hari ini kembali menerima piala penghargaan WTN dan mendapatkan kendaraan operasional roda empat. Adanya penghargaan ini yang paling utama adalah bagaimana hasil yang telah kita capai bisa di lestarikan jangan sampai menurun dan harus dapat meningkat. Serta kita harus bisa meraih kategori yang lebih tinggi. karena utamanya mendapatkan penghargaan ini adalah bagaimana kita pelaksanaannya dilapangan,” Tutur Azis.
Azis juga merasa senang dan bangga atas kinerja para pegawainya sehingga selain mendapatkan piala penghargaan dan kendaraan operasional roda empat. Kota Cirebon mendapatkan hadiah khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa Kendaraan Bus yang dikhususkan untuk para kaum disabilitas di Kota Cirebon.


“Alhamdulillah berkat bantuan semua pihak selain mendapatkan piala WTN dan juga kendaraan operasional kami Pemerintah Daerah Kota Cirebon pun menerima hadiah berupa mobil bus untuk para kaum disabilitas. Dan adanya pemberian mobil bus itu akan kami pergunakan dengan baik dan akan mengajak para kaum disabilitas untuk mencoba menggunakan bus tersebut yang akan diajak berkeliling di Kota Cirebon,” Pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa sebanyak 15 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk tahun 2016. Berikut 15 daerah di Jabar penerima penghargaan Wahana Tata Nugraha 2016 dengan kategorinya dari Kementerian Perhubungan:

1.    Kota Banjar: Plakat WTN Kategori Kota Besar
2.    Kabupaten Bogor: Plakat WTN Kategori Kota Sedang
3.    Kabupaten Bandung: Plakat WTN Kategori Kota Sedang
4.    Kabupaten Bandung Barat: Plakat WTN Kategori Kota Sedang
5.    Kabupaten Garut: Plakat WTN Kategori Kota Sedang
6.    Kabupaten Purwakarta: Plakat WTN Kategori Kota Sedang
7.    Kota Depok: Piala WTN Kategori Lalu Lintas Kota Raya
8.    Kota Tasikmalaya: Piala WTN Kategori Lalu Lintas Kota Besar
9.    Kota Cirebon: Piala WTN Kategori Lalu Lintas Kota Sedang
10. Kabupaten Kuningan: Piala WTN Kategori Lalu Lintas Kota Sedang
11. Kabupaten Ciamis: Piala WTN Kategori Lalu Lintas Kota Kecil
12. Kota Cimahi: Piala WTN Kategori Angkutan Kota Besar
13. Kota Bandung: Piala WTN Kategori Kota Raya
14. Kota Bogor: Piala WTN Kategori Kota Besar
15. Kota Sukabumi: Piala WTN Kategori Kota Sedang.*


Post A Comment: