Pemerintah Kota Cirebon Mudahkan Sistem Pembayaran Untuk Kenaikan  PBB
E satu.com - Tahun ini target penerimaan dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dinaikkan hingga mencapai Rp 29 miliar. Untuk mempermudah, pencetakan SPPT dipercepat  dan pembayarannya pun bisa di gerai Mini Market/

Hal tersebut diungkapkan Walikota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, disela-sela acara Penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2). “Penyampaian SPPT lebih awal ini bertujuan agar masyarakat membayar pajak sebelum jatuh tempo,” ungkap Azis. Untuk pihak dinas terkait juga berkewajiban untuk mempercepat mencetak SPPT. Karena itulah pada Januari ini SPPT sudah dicetak dan diserahkan kepada wajib pajak. “Saya tentu sangat mengapresiasi dan bahagia karena SPPT 2018 selurunya sudah tercetak dan siap untuk didistribusikan,” ungkap Azis.

Tidak hanya itu, pemerintah daerah juga berkewajiban untuk mempermudah warganya yang ingin membayar pajak. Untuk itu,  kerja sama dengan gerai Alfamart dan Indomart dilakukan. Dengan lokasi pembayaran pajak yang semakin dekat dengan pemukiman warga, diharapkan target pajak tahun ini pun bisa tercapai. “Tahun ini target penerimaan dari PBB mencapai Rp 29 miliar,” ungkap Azis. Dengan berbagai terobosan yang telah dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, Azis sangat optimis jika target tersebut bisa tercapai. “saya juga mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah mendukung suksesnya kegiatan penyampaian SPPT ini,” ungkap Azis.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, H. Sukirman, SE, MM, menjelaskan jika pada 2017 lalu target penerimaan dari PBB sebesar Rp 27 miliar. Namun realisasinya mencapai Rp 27.546.296.381,00. “Realisasi penerimaan melebihi dari target yang ditentukan,” ungkap Sukirman. Sedangkan tahun ini, target penerimaan dari sektor PBB ditetapkan sebesar Rp 29 miliar.

Dengan mempercepat SPPT, maka diharapkan masyarakat juga bisa mempercepat pembayaran PBB. “Apalagi sekarang pembayaran tidak hanya dilakukan di Bank BIJB saja, tapi juga bisa di kantor pos, alfamart dan indomart,” ungkap Sukirman. Percepatan pencetakan dan distribusi SPPT ini menurut Sukirman sudah terlihat hasilnya. “Saat ini sudah ada 4 persen PBB yang masuk. Padahal biasanya pada Januari dan Februari belum ada penerimaan PBB yang masuk,” ungkapnya.

Dengan luas 37 kilometer persegi, jumlah obyek pajak penerimaan PBB yang ada di Kota Cirebon tercatat sebanyak 73 ribu wajib pajak.

Post A Comment: