Lulus Seleksi SNMPTN Unpad, Pj Wali Kota Cirebon Berharap Mahasiswa Menjadi Agent of Change Untuk Kota Cirebon
E satu.com (Crb) - Sebanyak 68 siswa asal Kota Cirebon berhasil lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Padjadjaran, Bandung. Mereka diharapkan menjadi agent of change untuk kemajuan pembangunan di Kota Cirebon.
Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Cirebon, Dr H. Dedi Taufik, M.Si, pada acara Pemberian Apresiasi dari Wali Kota Cirebon Kepada Para Siswa Asal Kota Cirebon yang Lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Padjadjaran di salah satu hotel di Kota Cirebon, Jumat, 11 Mei 2018. “Saya berharap mereka bisa menjadi salah satu agent of change, terutama untuk kemajuan Kota Cirebon,” ungkap Dedi. Para siswa yang diterima menjadi mahasiswa di Universitas Padjadjaran diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan di Kota Cirebon.
Karena itu, lanjut Dedi, pihaknya akan berupaya untuk mencarikan beasiswa untuk mereka yang tengah menuntut ilmu di Bandung. “Misalnya bisa beasiswa dari CSR,” ungkap Dedi. Sehingga usaha para siswa tersebut untuk bisa lulus di Unpad diapresiasi oleh Pemerintah Daerah Kota Cirebon.
Selanjutnya Dedi pun mengaku sudah memerintahkan kepada Kepala Badan Perencanaan pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Cirebon melalui litbangnya untuk membantu mahasiswa tersebut dalam penulisan akhir atau skripsi. Dedi sendiri berharap agar skripsi yang ditulis oleh mahasiswa asal Kota Cirebon bisa bertemakan dan untuk kemajuan Kota Cirebon. Seperti di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, bisa mengambil tema tentang kemaritiman di Kota Cirebon. “karena bentangan pantai kita ada sekitar 7 km,” ungkap Dedi.
Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Bandung, Dr. Arry Bainus, M.A., penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN untuk Kota Cirebon cukup bagus. “Paling banyak peminatnya prodi kedokteran,” ungkap Arry. Kota Cirebon sendiri memiliki 5 wakil di Fakultas Kedokteran Unpad tersebut.
Selanjutnya Arry  mengungkapkan jika penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN di Unpad dari Kota Cirebon terus meningkat setiap tahunnya. “Karenanya strategi untuk mengambil jalur undangan itu harus benar-benar dipelajari,” ungkap Arry. Salah satunya dengan tidak berkumpul di satu prodi yang paling favorit. “harus menyebar,” kata Arry.
Selain itu pengambilan prodi mahasiswa juga bisa disesuaikan dengan strategi kebijakan yang akan diambil Kota Cirebon ke depannya. Misalnya saat ini tengah gencar dibangun infrastruktur di wilayah Cirebon seperti Bandara Kertajati. “kalau tidak ada SDM nya, justru orang dari luar yang akan masuk,” ungkap Arry. Juga sumber daya manusia untuk bidang kepariwisataan yang menjadi salah satu andalan Kota Cirebon.



Post A Comment: