Santri Ponpes Kebon Pring Sambut Rhamadhan Dengan Bermain Sepak Bola Api
E satu.com -(Crb) Puluhan Santri Pondok Pesantren  Kebon Pring Desa Gamel kec Plered Kabupaten Cirebon Mengadakan Permainan bola Api untuk menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.Jumat. (11 Mei 2018) malam
Dengan diawali Adzan dan tawasul permainan Bola Api dimulai setelah melaksanakan sholat Isya di tandai dengan Bola di glindingkan oleh Pengasuh Pondok Kebon Pring Syahrudin.
Pimpinan Pondok Pesantren yang akrab di panggil akang mengatakan bahwa Kegiatan ini digelar secara khusus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang jatuh pada 16 Mei 2018 mendatang.
Dikatakannya acara sepak Bola Api ini diselenggarakan sebagai wujud Bahagianya menyambut datangnya bulan ramadhan karena ada sebuah hadits yang diriwayatkan Imam bukhori dan Muslim .
Yang artinya: "barang siapa yang bahagia dengan datangnya bulan ramadhan maka Allah mengharamkan jasadnya dari api Neraka"
“Sepak bola api ini kami ibaratkan seperti hawa nafsu. Kita harus mampu mengendalikan api ini, seperti saat main ini. Saat Ramadhan, kita harus mampu mengendalikan hawa nafsu,” kata syahrudin  seusai acara.
Pesta sepakbola api digelar sejak pukul 19.00 WIB tadi. Sebagai bahan atraksi, dua tim sepak bola bermain menggunakan bola api yang terbuat dari serat buah kelapa. Serat direndam menggunakan minyak tanah selama 24 jam, sehingga bisa menghasilkan bulatan api secara sempurna.
Dalam atraksi itu, ada dua tim yang "berduel" Dua tim ini sama-sama memainkan bola api menggunakan sarung, dan tanpa alas kaki. Satu tim berisi lima orang pemain, satu di antaranya sebagai kiper.
Salah satu pemain bola api, Ahmad Muslim, mengatakan, atraksi sepak bola api butuh persiapan lebih agar saat bermain tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Menurut dia, sebelum bermain pihaknya telah menyiapkan mental dan fisik.
“Tadi sebelum main kami gelar doa khusus. Mental kita juga harus siap, karena menendang bola tidak seperti biasanya,” paparnya.
“Rasanya biasa saja. Ya, kalau nendangnya kurang pas memang agak sakit panas sedikit,” imbuhnya.
Kegiatan sepak bola api ini cukup mendatangkan antusias Santri lainnya untuk melihat atraksi ini. Para peserta tak hanya bersorak ramai, mereka juga terdengar ikut memberikan semangat para pemain.
"Kami berharap acara seperti ini bisa berlangsung tiap tahun menjelang Ramadhan," timpal syahrudin (Pgh)

Post A Comment: