Unit Tipiter Satreskrim Polres Cirebon Kota Lakukan Razia Makanan dan Minuman Yang Tidak Layak Konsumsi Dan Tidak Layak Edar
E satu .com – Unit Tipiter Sat Reskim Polres Cirebon Kota melaksanakan operasi gabungan bersama Dinas Kesehatan dan  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cirebon  , Kamis (31/5).
Operasi ini bertujuan untuk mencegah beredarnya produk makanan dan minuman yang kadaluarsa serta tidak berizin, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat, terutama menjelang Lebaran.
Sasaran pertama adalah pedagang parcel yang juga pedagang pasar di wilayah kali tanjung kota Cirebon  namun di duga bocor pada saat tim datang parcel sudah tidak ada.
Dalam operasi di salah satu toko di Jalan Pekiringan, ditemukan produk makanan berupa kurma sebanyak 42 dus yang akan diedarkan dengan izin yang tidak sesuai.
“Kita temukan produk kurma yang beredar dengan izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), seharusnya untuk produk tersebut menggunakan izin BPOM dan berkode Makanan luar (ML),” jelas Neneng, Kasi Pelayanan Kefarmasian, Alat Kesehatan, Makanan dan Minuman Dinkes Kota Cirebon.
Kemudian, produk kurma tersebut dilarang untuk diedarkan dan dikembalikan kepada distributornya untuk diurus izin edarnya terlebih dahulu.
BPOM dan berkode Makanan luar (ML)Neneng melanjutkan, dalam operasi kali ini tidak ditemukan makanan dan minuman kadaluarsa. Hanya makanan yang salah kode izin edar saja.
“Tidak ada temuan makanan kadaluarsa, hanya kurma yang salah izin edar saja,” terangnya.
Neneng mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan produk makanan atau minuman yang
dibeli benar-benar layak konsumsi. Hal tersebut bisa dilihat dari kode produksi dan masa berlakunya.
Untuk memudahkan dalam pengecekan makanan yang resmi terdaftar, dia menyarankan agar mengeceknya di aplikasi ‘Cek POM’ di Play Store.
“Nanti diketik nomer registrasinya berapa, nanti di situ akan keluar terdaftar dan masa berlakunya,” katanya
Neneng menambahkan Operasi ini akan berlanjut ke beberapa toko lainnya seperti supermarket dan distributor yang ada di kota Cirebon." Ungkapnya.

Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top