Nadran Wujud Nyata Pariwisata Di Kota Cirebon
E satu.com (Crb) -Ribuan nelayan dan warga mengikuti Kirab Ancak Festival Pesisiran atau Sedekah Laut (Kirab Nadran) dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-649, Sabtu (15/9). Mereka memadati halaman Gedung BAT kemudian setelah dilepas menuju pantai masing-masing wilayah untuk melarung sesajen yang sudah disiapkan.
Nadran Wujud Nyata Pariwisata Di Kota CirebonTampak belasan sesajen dari berbagai nelayan yag ada di Wilayah Kota Cirebon. Tampak Penjabat Wali Kota Cirebon, DR H. Dedi Taufik,MSi memimpin acara nadran dan pelepasan sesajen untuk dilarung. Dedi mengatakan nadran merupakan kegiatan kebudayaan yang memiliki nilai kearifan lokal.
“Ini merupakan rasa syukur para nelayan yang ada di pantai Kota Cirebon. Kirab nadran juga dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-649,” ungkap Dedi.
Dedi menambahkan nadran salah satu potensi Kota Cirebon yang berbentuk budaya dalam rangka upaya meningkatkan pariwisata. Selain itu nadran juga memberikan hiburan bagi masyarakat sehingga budaya lokal tetap terjaga.
“Kota Cirebon memiliki potensi yang dapat dijual bukan hanya budaya, tapi juga hasil laut. Ternyata hasil laut Kota Cirebon sudah dijual dan dikenal hingga tingkat nasional maupun internasional. Ini menjadi potensi besar yang harus dikembangkan,” kata Dedi.
Nadran Wujud Nyata Pariwisata Di Kota Cirebon
Melalui inovasi dan kolaborasi, lanjut Dedi potensi yang dimiliki dapat menyejahterakan masyarakat. Hal ini juga akan mendukung Jabar Juara dalam melaksanakan berbagai program yang dimilikinya.
“Berbagai program yang dikembangkan Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan sejalan dengan Spirit Juara yang sedang digaungkan Pemerintah Provinsi Jabar,” ujar Dedi
Sementara Plt. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Disporabudpar selaku Ketua Pelaksana, RM Henda mengatakan  nadran untuk melestarikan budaya daerah Cirebon dan memberikan hiburan bagi masyarakat kota Cirebon.
“Nadran diikuti oleh empat kelompok nelayan yakni Samadikun,  Pesisir, Cangkol dan Kejawanan. Hal ini berbagai kegiatan juga diikuti untuk memeriahkan rangkaian acara hari jadi Cirebon,” tandasnya.!(NM)

Post A Comment: