Perguruan Tinggi Berperan Tingkatkan Indeks Daya Saing
E satu.com (Crb)-Perguruan Tinggi (PT) berperan dalam upaya peningkatan Indeks daya saing dalam pembangunan di Indonesia.
Demikian dikatakan Penjabat Wali Kota Cirebon, DR H. Dedi Taufik, MSi dalam sambutan Wisuda Magister Sarjana dan Ahli Madya di Kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), Sabtu (27/10). Dedi mengatakan kondisi indeks daya saing Indonesia memang masih cukup rendah.
“Berdasarkan laporan “The Global Competitiveness  Report” tahun 2017 indeks daya saing indonesia berada pada peringkat ke 41 dari 138 negara. Ini masih jauh dengan negara tetangga lainnya seperti Singapura, Malaysia dan Thailand,” ungkap Dedi.

Dedi menambahkan peran serta PT sangat menentukan dalam meningkatkan daya saing terutama mencetak tenaga berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai langkah terutama mencetak lulusan terbaik melalui pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.
“Saya percaya Untag ikut mendorong pembangunan baik di Wilayah Cirebon maupun secara nasional. Aktivitas Tridarma Perguruan Tinggi diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi,” kata Dedi.
Rektor Untag, Prof.Dr.Ir. H.M. Guntoro, M.M.,M.SiHal ini, lanjut Dedi sejalan dengan Visi Misi Gubernur Jabar yakni “Jabar Juara Lahir Batin” yang didukung oleh inovasi dan kolaborasi. Jadi peran PT termasuk Untag sangat strategis.
Kali ini Untag melakukan wisuda kepada 571 mahasiswanya. Mereka sudah menempuh pendidikan sehingga siap terjun ke masyarakat. Wisudawan akan berkiprah dalam pembangunan daerah dan nasional.
Sementara Rektor Untag, Prof.Dr.Ir. H.M. Guntoro, M.M.,M.Si. mengatakan harus ada kerjasama yang baik antara PT dan pemerintah daerah. Hal ini dalam upaya meningkatkan peran Tri Darma PT dalam menunjang pembangunan daerah.
“Kami menciptakan berbagai terobosan dengan pendekatan kedaerahan termasuk membuat fakultas baru Perikanan dan Teknik. Dua fakultas tersebut masih besar peluangnya untuk mencetak tenaga yang dibutuhkan masyarakat,” kata Guntoro.
Guntoro menambahkan kiprah Untag sendiri terus terlibat dalam pembangunan daerah. Pihaknya mendorong lulusan akan terus berkarya sehingga membawa Jabar Juara dan Indonesia sejahtera.

Post A Comment: