Profesional  TNI menjadi Tantangan Yang Besar Di Masa Depan Indonesia
E satu.com (Crb)- Dengan berbagai tantangan di masa depan, TNI harus terus berupaya mentransformasikan diri menjadi kekuatan militer yang profesional.
Hal tersebut diamanatkan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang dibacakan oleh Danrem 063 Sunan Gunung Jati, Kolonel Arm Maryudi, S.Sos, pada upacara Peringatan HUT ke 73 TNI tahun 2018 tingkat Korem 063 Sunan Gunung Jati di Lapangan Stadion Ranggajati, Kabupaten Cirebon, Jumat, 5 Oktober 2018. “Karenanya tema peringatan ulang tahun kali ini yaitu Profesionalisme TNI Untuk Rakyat,” ungkap Hadi. Tema tersebut singkat, namun padat dan yang terpenting mengandung makna bahwa TNI akan senantiasa untuk meningkatkan profesionalisme dengan berbagai cara. Diantaranya dengan meningkatkan pendidikan, latihan, persenjataan, termasuk alutsistanya.
Sikap profesionalisme TNI juga diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan latihan TNI untuk menjalankan tugas pokok, yaitu menjaga dan menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. “termasuk dalam menjalankan tugas kemanusiaan,baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ungkap Hadi.
Sementara itu menyinggung alutsista, menurut Hadi pada 2019 mendatang berbagai jenis alutsista akan berdatangan. Seperti rudal Strartreak TNI AD, kapal selam TNI AL, pesawat CN 235 TNI AL dan TNI AU serta pesawat tempur Sukhoi 35 TNI AU. Sedangkan untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemenuhan alutsista  terus dilaksanakan di 4 satuan, yaitu  Divisi Infanteri3/Kostrad di Pakatto-Sulawesi Selatan, Koarmada III di Sorong, Koopsau III di Biak, dan Pasmar 3 di Sorong. “Dalam waktu dekat juga akan diresmikan Pangkalan TNI Terpadu Natuna sebagai pangkalan operasi TNI yang mengandung kekuatan tiga matra,” kata Hadi.
Sementara itu Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H Dedi Taufik, M.Si, mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI. “Selamat ulang tahun yang ke 73 kepada Tentara Nasional Indonesia,” ungkap Dedi. Sesuai dengan tema, Dedi pun berharap TNI menjadi lebih profesional lagi dengan berbagai pendidikan yang telah mereka dapatkan. Karena tugas yang mereka emban, yaitu menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah, termasuk tugas-tugas kemanusiaan yang dijalankan selama ini cukup berat. “Namun kami tetap yakin, TNI  tetap mampu untuk menjaga kedaulatan Indonesia secara utuh,” tegas Dedi.

Post A Comment: