Mengulang Sejarah, Cirebon dan Banten Siap Jalin KersajamaE satu.com (Crb)-'Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan Pemerintah Daerah Provinsi Banten akan menjalin kerjasama di bidang pariwisata, ekonomi dan olahraga.
Demikian tarungkap dalam kunjungan Gubernur Banten, Wahidin Halim dan rombongan ke Kota Cirebon, Minggu (23/12). Wahidin Halim sedianya akan mengunjungi Makam Sunan Gunung Jati tapi karena ada bencana tsunami di wilayah Provinsi Banten pulang mendadak Sabtu malam.  Rombongan akhirnya dipimpin Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten, Gunawan Rusminto. Jajaran Pemerintah Provinsi Banten melaksanakan olahraga bulutangkis di  GOR Katiasa Harjamukti.
“Hubungan Banten dan Cirebon sangat kuat. Cirebon menjadi orangtua Banten berdasarkan sejarah. Karena Sultan Banten adalah putera Sunan Gunung Jati,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. H. Asep Dedi, MSi, Minggu (23/12).
Asep menambahkan kehadiran rombongan Gubernur Banten tentu menjadi momentum baik untuk kerjasama yang akan dijalin selain faktor sejarah. Persahabatan dan persaudaraan Cirebon dan Banten dijalin melalui berbagai sektor pariwisata dan ekonomi termasuk olahraga bulu tangkis.
“Hal ini tentu sejalan juga dengan program Pemerintah Daerah Kota Cirebon serta Gubernur Jawa Barat yang akan memperkuat sektor pariwisata. Tentu dengan ikatan saudara akan lebih kuat bagi kedua daerah. Kami juga ikut mendoakan agar bencana tsunami tidak menimbulkan banyak korban dan Banten kembali pulih dengan cepat. Masyarakat Banten juga diberikan ketabahan menghadapi cobaan ini,” kata Sekda.
Sementara Gunawan Rusminto mengatakan kehadiran rombongan Gubernur Banten sebagai kunjungan anak kepada orangtuanya. Sedianya Gubernur Banten akan mengunjungi beberapa lokasi termasuk Makam Sunan Gunung Jati Cirebon namun karena Sabtu (22/12) malam terjadi bencana tsunami memutuskan pulang lebih cepat.
“Ini adalah silaturahmi anak ke orang tuanya. Kami menyadari keberadaan Cirebon sangat penting bagi Banten sehingga kami sengaja datang ke sini,” ujar Gunawan.
Gunawan menambahkan pihaknya siap membangun kebersamaan untuk menjalin kerjasama ekonomi dan pariwisata. Pemerintah Porvinsi Banten sedang membangun dan merevitalisasi pariwisata dan sejarah.
“Melalui olahraga bulutangkis ini diharapkan terjalin kerjasama yang baik. Gubernur Banten menyampaikan permohonan maaf karena tidak mengikuti kegiatan sampai tuntas. Tapi, beliau titip pesan mengundang Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan siapapun untuk berkunjung ke Banten sebagai saudara,” tandasnya.

Post A Comment:

0 comments: