TPS Kesambi Akan Berubah Menjadi Taman
E satu.com(Crb) - Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan mengembalikan fungsi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kesambi menjadi taman kota. Hal ini karena TPS Kesambi berada di tengah kota dan menjadi jalur utama masyarakat sehingga akan dipercantik.

Demikian diungkapkan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati dalam inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah TPS terutama Kesambi pasca perayaan malam Tahun Baru 2019, Selasa (1/1).
Eti menyikapi adanya tumpukan sampah pasca pergantian tahun baru 2019 di sejumlah TPS terutama Kesambi. Sidak dilakukan bersama Sekretaris Daerah, Drs. H. Asep Dedi, MSi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. H. Abdulah Syukur dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs. Andi Armawan.
“Kami akan melakukan evaluasi dan pembenahan tentunya agar di sini (TPS Kesambi red,) selalu bersih. Yah memang tadi malam ada Perayaan pergantian tahun jadi volume sampah meningkat,” ungkap Eti.

Eti menambahkan pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan RT dan RW setempat agar pembuangan sampah dilakukan secara benar. Bila perlu sampah harus disortir atau dipilah sehingga benar-benar yang dibuang tidak terlalu banyak terutama sampah rumah tangga.
“(TPS red.) Kesambi ini harus bersih tentunya. Pak Walikota (Drs. Nashrudin Azis, SH red) bersama saya sepakat pada tahun 2019 ini akan menggulirkan Cirebon Bersih sehingga harus terwujud kebersihan kotanya. Tidak mudah tapi harus dilakukan oleh semua pihak termasuk masyarakat,” ajak Eti.

Pihaknya juga berencana bertemu dengan 20 Ketua RW untuk membahas TPS Kesambi. Selain itu Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan mengumpulkan pengusaha resto dan lainnya untuk mengingatkan dan mencari solusi adanya penumpukan sampah di TPS Kesambi. 

“Banyak sampah bukan rumah tangga ada di TPS Kesambi. Tentu ini membuat TPS Kesambi semakin berat bebannya dengan jumlah sampah sangat banyak,” tandas Eti.

Salah satu solusi yang akan ditawarkan, TPS Kesambi akan diubah menjadi taman. Hal ini untuk mengubah jalan Kesambi yang selama ini terkendala adanya tumpukan sampah menjadi indah. Penataan juga akan mengembalikan fungsi trotoar sehingga akan tertata dengan baik.
“Intinya mari kita jaga bersama Kota Cirebon sehingga tetap bersih dan indah,” tandasnya.(Rlllis)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top