Walikota Cirebon ,Masjid At Taqwa Icon Kota Cirebon
E satu com ( crb)- Cirebon juga dikenal karena keberadaan masjid raya At Taqwa. Karenanya, keberadaan masjid At Taqwa untuk kemaslahatan umat harus terus ditingkatkan.
Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., usai menerima kunjungan pengurus At Taqwa Center, Kota Cirebon, Rabu, 23 Januari 2019 di ruang kerjanya. “Cirebon sekarang dikenal karena At Taqwanya,” ungkap Azis. Karena itu, ikon At Taqwa harus terus dimunculkan dan bahkan pelayanan kepada umat juga harus ditingkatkan. Tujuannya menurut Azis tidak lain untuk kemaslahatan umat, khususnya umat Islam yang ada di Kota Cirebon.
Sebagai pembina, Pemerintah Daerah Kota Cirebon menurut Azis menyerahkan dan mempercayakan kegiatan yang akan diselenggarakan di masjid Raya At Taqwa kepada pengurusnya. “Kami hanya mengikuti, mengawasi dan memberikan masukan,” ungkap Azis. Azis pun mengapresiasi beragamnya kegiatan yang telah diupayakan oleh pengurus untuk kemaslahatan umat selama ini. “Ini juga selaras dengan visi dan misi Sehati, dimana kegiatan religiusnya yang ditonjolkan,” ungkap Azis.
Walikota Cirebon ,Masjid At Taqwa Icon Kota CirebonMenyinggung rencana pengurus yang akan membuat sejumlah payung seperti di kota Madinah, Azis pun menyambut baik. “Akan mengingatkan kita akan Kota Madinah, kota yang dicintai semua umat Islam,” ungkap Azis. Karena itu, Azis pun mengaku akan berupaya untuk mencarikan dananya. “Karena juga bisa menjadi daya tarik wisatawan,” ungkap Azis.Sementara itu, ketua pengurus At Taqwa Center, Dr. H. Ahmad Yani,M.Ag., menjelaskan jika kedatangan mereka untuk melaporkan hasil rapat kerja 2019. “Sejumlah program juga kami paparkan,” ungkap Yani.
Mereka memiliki 3 program, masing-masing bidang administrasi lembaga dan kesekretarian, bidang pemeliharaan fisik bangunan dan program kerja kegiatan. “Tahun ini kami ingin menguatkan unit kegiatan masjid,” ungkap Yani. Sedikitnya ada 10 unit kegiatan yang mereka miliki, dan secara kelembagaan semuanya akan dikuatkan sehingga nantinya bisa mandiri dan menjadi unit kegiatan masjid yang maju.
Walikota Cirebon ,Masjid At Taqwa Icon Kota CirebonUntuk program syiar, mereka juga akan terus meningkatkan kualitas imam. Sehingga kekhusyukan jamaah nantinya akan semakin terjaga. “Sedangkan untuk pemerintah daerah, kami juga terus menggelorakan subuh berjamaah yang sudah berjalan 22 bulan,” ungkap Yani. Selain itu mereka juga melontarkan ide untuk pengajian eksekutif mulai dari tingkat SKPD hingga kelurahan. “Tadi juga disambut baik oleh Pak Wali,” ungkap Yani.
Menyinggung ide pembuatan payung seperti di Kota Madinah, menurut Yani rencananya akan dibuatkan di selasar bagian depan. Ada pun kebutuhan dananya antara Rp 650 hingga Rp 750 juta. Selain itu mereka juga berencana akan meningkatkan fasilitas untuk jamaah diantaranya dengan memberikan fasilitas alat pijat elektronik dan kursi.
“Masih banyak lagi pelayanan yang akan kita tingkatkan karena kita juga ingin meraih ISO. Agar masjid kita memilliki standar internasional,” ungkap Yani.(Pgh)

Post A Comment:

0 comments: