Cegah Berita Hoaks Polres Cirebon Kota Dan IJTI Gelar Sosialisasi Anti Hoaks
E satu.com (Crb) - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Cirebon Raya bersama Polres Cirebon Kota  mensosialisasikan bahaya hoaks atau berita bohong di media sosial di kalangan Pelajar yang digelar di SMA Negeri 6 Kota Cirebon.Selasa (19 Febriari 2019).
Para peserta terdiri dari ratusan pelajar SMA Negeri 6 Kota Cirebon, yang juga mendeklarasikan perang terhadap hoaks. Selain menerangkan arti hoaks dan dampaknya, para peserta juga diberitahu sanksi yang mengancam penyebar berita bohong.
"Hoaks banyak beredar di media sosial dan pengguna media sosial kebanyakan kaum milenial. Kegiatan ini diharap memberi kesadaran bagi mereka untuk tak menyebar hoaks," jelas Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy
Cegah Berita Hoaks Polres Cirebon Kota Dan IJTI Gelar Sosialisasi Anti HoaksKaum pelahar bisa menjadi korban dan pelaku penyebar hoaks. Menurutnya, tak banyak kaum milenial yang tahu jenis berita bohong dan akibat serta sanksinya.
Dia mengingatkan, penyebaran hoaks berpotensi berdampak pada tatanan masyarakat, salah satunya perpecahan. Karena itu, pihaknya mengimbau kaum milenial dapat memilah setiap informasi yang diterima sebelum menyebarkannya kembali.
"Sejauh ini di wilayah hukum Polres Cirebon Kota belum ada temuan penyebaran hoaks dan pelakunya. Tapi polisi siber kami tetap memantau," tegasnya.
Kepala SMAN 6 Kota Cirebon, Ety Nur Rohaeni mengapresiasi kegiatan itu sebagai bentuk edukasi dan peringatan bagi para pelajarnya. Mereka diingatkan lebih berhati-hati menggunakan perangkat gadgetnya.
Cegah Berita Hoaks Polres Cirebon Kota Dan IJTI Gelar Sosialisasi Anti Hoaks"Bahaya kalau sampai menyebarkan informasi yang tak dilengkapi bukti akurat. Kegiatan ini jadi membuat mereka teringatkan dan terarah saat menggunakan gadget," paparnya.
Sementara itu, Ketua IJTI Cirebon Raya, Faisal Nurathman menyebut, kegiatan sosialisasi dan deklarasi anti hoaks merupakan program rutin. Selain pelajar, kegiatan serupa akan pula digelar bagi mahasiswa.
"Kami ingin mengedukasi kalangan pelajar bermedia sosial yang baik. Ke depan, materi semacam ini akan juga diberikan bagi masyarakat umum," Katanya
 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top