BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Dave Laksono .Sosialisasi Langkah Tepat Menangkal Informasi HoaxE satu.com (Crb) -  Berita hoax yang sekarang menjadi informasi yang menyesatkan dan lebih mudah di konsumsi membuat beberapa elemen masyarakat berpikir keras untuk menangkal berita hoax atau berita bohong yang sekarang banyak beredar di media sosial.
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarsyah Fikarno, mengungkapkan saat ini berita hoax atau berita  bohong yang sering dikonsumsi masyarakat dapat ditangkal dengan perbanyak sosialisasi.
Dikatakan Dave masyarakat harus sering menerima informasi ataupun pengetahuan tentang hoax, bahwa berita berita bohong harus dilawan dan jangan mudah dikonsumsi.
"Karena itu harus sering dilakukan sosialisasi-sosialisasi misal dari desa ke desa, sekolah ke sekolah dan dari sesama tokoh masyarakat," kata Dave, usai mengisi seminar Waspada Berita Hoax di Tahun 2019, di hotel Prima Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jumat (15/2/2019).
Dijelaskannya, sosialisasi tersebut memiliki peranan penting yakni menumbuhkan rasa kesadaran bagi masyarakat bahwa berita hoax adalah menyesatkan dan dapat berpotensi merusak persatuan bangsa.
"Ujungnya, yaitu masyarakat agar bisa tumbuh kecerdasan berpikir dan tidak ada lagi berita-berita yang menyesatkan," jelasnya.
Saat ini, ungkapnya, DPR RI khususnya Komisi I berkomitmen untuk menangkal berita bohong tersebut, yang salahsatunya menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir situs.
"Nah, intinya komisi I sendiri, salah satunya ditugasi untuk penyebaran berita-berita yang benar agar kita bisa mawas diri dalam hal ini menangkal," pungkasnya.
Sementara itu, Staf Ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Gun Gun Siswandi, mengatakan untuk memberantas berita hoax harus bersama-sama melawan, dan menurutnya bukan hanya pemerintah yang bergerak.
"Jadi, semua elemen, komunitas dan lain sebagainya, itu harus saling bahu-membahu membantu agar berita hoax atau bohong ini tidak menyebar ke yang lainnya," ungkap Gun Gun.
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top