KPw BI Cirebon Siapkan 8,2 Triliyun Untuk Wilayah 3 Cirebon Jelang Lebaran 2019
E satu.com ( Crb) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menyiapkan uang kartal sebanyak Rp.8,2 triliun rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Ciayumajakuning atau wilayah 3 Cirebon selama bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran 2019.

Kepala KPw BI Cirebon Abdul Majid Ikram mengatakan, meningkatnya kebutuhan uang kartal selama Ramadhan tahun ini karena kondisi perekonomian di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciyumajakuning) yang membaik.

"Kami siapkan Uang untuk penukaran selama Ramadhan ini hingga jelang lebaran nanti sebanyak Rp 8,2 trilyun itu untuk wilayah Ciayumajakuning," ujar Abdul Madjid pada senin (06/05/2019).

Selain itu juga pihaknya meyakini potensi kenaikan permintaan penukaran uang akan meningkat selama bulan Ramadhan. Penukaran uang, lanjut Majid, akan condong pada uang pecahan besar (UPB).

" Ketersediaan UPB lebih besar dibandingkan uang pecahan kecil (UPK),  untuk Pelayanan penukaran uang kita lakukan di di kantor B.I, Bank Swasta, Pasar, Masjid At-Taqwa dan rest area Tol Cipali," ucap Majid.

Lebih lanjut Majid menyebutkan, untuk luar kantor BI akan bergilir setiap hari di Ciayumajakuning, serta Subang dan Sumedang. Untuk Subang dan Sumedang masuk wilayah kerja BI Jawa Barat, namun KPw BI Cirebon diminta bantuan memenuhi kebutuhan uangnya.

"Meningkatnya kebutuhan uang kartal membuat senang karena banyak yang beredar perekonomian bergerak, akan tetapi, memegang uang kartal dalam jumlah banyak risikonya lebih besar mendapatkan uang palsu," tutur Majid

Kepala Tim Sistem Pembayaran (SP) Pengedaran Uang Rupiah (PUR) dan Layanan Administrasi KPw BI Cirebon Yukon Afrinaldo menambahkan, kebutuhan uang kartal Ramadhan tahun ini diprediksi Rp.8,2 triliun rupiah atau meningkat 17,39 persen dibandingkan Ramadhan tahun lalu. Dari uang kartal Rp8,2 triliun ini, lanjutnya, terdiri dari UPB mencapai Rp 7,33 triliun dan sisanya UPK. (Pgh)

Post A Comment:

0 comments: