BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
POM Mini Kula Eksis Untuk Penyandang Disabilitas
E satu.com (Crb) - Pom Mini “Kula Eksis” diresmikan untuk penyandang disabilitas di Kota Cirebon. Setiap penyandang disabilitas berhak untuk mencari pekerjaan dan kebahagiaan.

Peresmian Pom Mini “Kula Eksis” (Kelompok Warga Peduli Ekonomi Disabilitas) Kota Cirebon dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman, S.Ip., M.Si., Minggu, 28 Juli 2019 di UPT Loka Bina Karya.

“Melalui peresmian ini sekaligus memperlihatkan jika penyandang disabilitas juga berhak untuk mencari hidup secara layak. “Mereka berhak untuk hidup bahagia,” tegas Iing. Karena itu, mereka juga berhak untuk mencari pekerjaan untuk kehidupan ekonomi dan kesejahteraan mereka.

Pom Mini Kula Eksis ini sebagai bentuk kepedulian Pemda Kota Cirebon terhadap teman-teman disabilitas di Kota Cirebon. Mereka diberikan peluang untuk berusaha walaupun dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Semua pengelolaannya diserahkan kepada mereka.

POM Mini Kula Eksis Untuk Penyandang Disabilitas“Semoga keberadaan pom mini kula eksis ini bisa menginspirasi kita semua,” ungkap Iing.

Astawi, SE., Kepala UPT Liposos dan LBK Kota Cirebon, penyandang disabilitas perlu mendapatkan dukungan, termasuk permodalan dari pemerintah. “Juga dukungan dari teman-teman lainnya,” ungkap Astawi. Jika semuanya mendukung, maka penyandang disabilitas diyakini bisa hidup dengan mandiri dan sejahtera.

Mereka, lanjut Astawi, memiliki sekitar 20 orang penyandang disabilitas. Keterampilan yang diberikan kepada mereka cukup beragam, mulai dari menjahit, wirausaha jualan kerupuk termasuk menggagas pembuatan usaha pom mini kula eksis.

Sementara itu Jojo, Ketua Komunitas Disabilitas Kota Cirebon, mengungkapkan keberadaan pom mini tersebut diyakini bisa menambah penghasilan mereka. “Apalagi disini sistemnya kerjasama, ada shift nya,” ungkap Jojo.

POM Mini Kula Eksis Untuk Penyandang DisabilitasJojo juga berharap, pom mini juga dikembangkan di tempat-tempat lainnya. sehingga semakin banyak penyandang disabilitas yang bisa menikmati kesejahteraan tersebut.

Selain itu Jojo juga berharap, ke depannya penyandang disabilitas bisa lebih mengembangkan kemampuan mereka melalui keterampilan yang mereka miliki.

“Diantara kami banyak juga yang mahir membuat kue, membuat kerajinan dari bambu dan lainnya. kedepannya kami berharap keterampilan yang kami miliki bisa terus berkembang untuk menambah penghasilan,” harap Jojo. (Nm)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top