Pemerintah Kota Cirebon Mencari Solusi Penanganan Sampah Dan Sumber Air Baru
E satu.com ( Cirebon) - Pemda Kota Cirebon Berupaya Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon selalu berupaya untuk mengatasi permasalahan sampah dan mencari sumber air baru untuk masyarakat Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat Ekspos Pengelolaan Sampah dan Air Minum oleh Pihak Ketiga di ruang kerja Wali Kota Cirebon, Jumat, 30 Agustus 2019.

“Banyak pihak yang sudah datang kemari menawarkan pengelolaan sampah di Kota Cirebon,” ungkap Azis. Salah satunya dari ITB yang menyampaikan pengelolaan sampah selesai di tingkat kelurahan dengan menggunakan alat yang mereka buat. “Juga saat ini tengah dirintis hibah dari Jerman melalui Kementrian PUPR,” ungkap Azis.

Tidak hanya sampah, Kota Cirebon juga terus berupaya untuk mencari sumber-sumber mata air baru untuk memenuhi kebutuhan air bersih warganya. “Dulu, kecukupan air bersih untuk warga Kota Cirebon sangat memadai,” ungkap Azis.

Namun seiring dengan pertumbuhan manusia dan perkembangan kota, permasalahan air bersih mulai terjadi. Pihak luar yang menawarkan pencarian sumber mata air pun banyak, seperti halnya penanganan sampah.

Pemda Kota Cirebon, lanjut Azis, terbuka dengan setiap investor yang masuk dan memberikan perhatian ke Kota Cirebon. “Cirebon kota kecil tapi memiliki potensi yang luar biasa,” ungkap Azis.

Kedatangan investor bisa menanggulangi sejumlah persoalan yang dihadapi termasuk permasalahan sampah dan air bersih. Namun Pemda Kota Cirebon juga berkomitmen agar investasi yang dilakukan tidak merugikan masyarakat.

Pemerintah Kota Cirebon Mencari Solusi Penanganan Sampah Dan Sumber Air Baru “Permasalahan yang dihadapi masyarakat kota saat ini justru harus dipecahkan dengan kedatangan mereka,” tegas Azis.
Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Drs. H. RM Abdullah Syukur, M.Si., mengungkapkan jika mereka tertarik dengan program sekolah lingkungan hidup. “Dari yang ditawarkan tadi, kami tertarik dengan sekolah lingkungan hidup,” ungkap Syukur. Karena dengan program tersebut bisa membentuk karakter masyarakat dalam hal kebersihan dan pengolahan sampah di lingkungan mereka.

Menyinggung pengolahan sampah yang akan dilakukan pihak ketiga hari ini, Syukur mengungkapkan baru sebatas ekspos. “Kita akan cek ke TPA, sehingga mereka bisa tahu kondisi di TPA seperti apa,” ungkap Syukur. Pada intinya, lanjut Syukur, Pemda Kota cirebon terbuka terhadap berbagai pihak yang berupaya untuk memberikan solusi terhadap penanganan sampah di Kota Cirebon. (Nm)

Post A Comment:

0 comments: