Dinas Pendidikan dan Kecamatan Arahan Terbaik dalam Kelola Tertib Arsip
E satu.com (Indr) - Dinas Pendidikan dan Kecamatan Arahan menjadi terbaik dalam kegiatan Lomba Tertib Arsip antar perangkat daerah di Kabupaten Indramayu tahun 2019. Atas prestasinya tersebut masing-masing berhak atas penghargaan dari Bupati Indramayu untuk menunjang kegiatan kearsipan di instansinya masing-masing. Penyerahan penghargaan diserahkan langsung Bupati Indramayu H. Supendi pada pelaksaaan Hari Perhubungan Nasional yang dilaksanakan Selasa (17/09/2019) di Alun-alun Indramayu.

Supendi menjelaskan, arsip sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Perangkat daerah haruslah mengelola dan memastikan manajemen arsip tertata rapi. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  harus menjadi inspirasi bagi perangkat daerah. Dimana ke depan tidak ada lagi sitem manual dalam pengarsipan melainakn system jaringan dan komputerisasi. Inovasi dalam bentuk digital sangat dibutuhkan sehingga dapat mengehemat penggunaan kertas dan ini bisa menjadi keunggulan masa depan.

“Saat ini eranya digital, maka system arsip juga harus dilaksanakan secara digital sehingga dengan mudah kita melakukan pencarian,” tegas Supendi.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Toto Susmanto menjelaskan, lomba tertib arsip tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Harapannya peragkat daerah dapat melakukan tata kelola arsip dengan sebaik mungkin dengan kaidah yang telah ditentukan.

Toto menambahkan, pengelolaan arsip tidak boleh dipandang sebelah mata karena didalamnya terdapat hal penting yang dapat dibuka kembali dan menjadi bahan pertimbangan untuk masa yang akan datang.

Berdasarkan hasil penilaian, untuk perangkat daerah diraih oleh Dinas Pendidikan (juara 1), Sekretariat Daerah (juara 2) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (juara 3), sedangkan tingkat kecamatan diraih oleh Kecamatan Arahan (juara 1), Kecamatan Bongas (juara 2) dan Kecamatan Haurgeulis (juara 3).  (iwan)

Post A Comment:

0 comments: