Santri Indonesia hadir Untuk Perdamaian Dunia
E satu.com (Crb) - Santri telah ikut berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Perjuangan santri mewarnai perjalanan sejarah Bangsa Indonesia hingga kini.

Hal tersebut diungkapkan Pj Sekda Kota Cirebon, H. Anwar Sanusi, M.Pd., M.Si., saat menghadiri Peringatan Hari Santri Nusantara Tingkat Kota Cirebon, Selasa, 22 Oktober 2019. “Hari santri ini sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah terhadap santri dan pesantren yang ada di Indonesia,” ungkap Anwar.

Karena kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia saat ini tidak terlepas dari perjuangan para santri.

Santri Indonesia hadir Untuk Perdamaian DuniaSeperti diketahui, penetapan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan hari santri merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad” yang berisi fatwa atau kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini yang kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan. Sedangkan pesantren yang ada di Indonesia saat ini juga telah menjadi pusat pembaharuan di dunia pendidikan yang mewarnai perjalanan bangsa Indonesia.

Karena itu, Pemda Kota Cirebon menurut Anwar akan tetap memberikan perhatian sebaik-baiknya kepada santri dan pesantren yang ada di Kota Cirebon.

Santri Indonesia hadir Untuk Perdamaian DuniaSementara itu Kasubbag TU Kementrian Agama Republik Indonesia, Kota Cirebon, H. Farrui Anwar, SH., juga menghaturkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pemda Kota Cirebon dalam rangka peringatan Hari Santri tahun ini. “Dukungan Pemda Kota Cirebon luar biasa, kita ucapkan terima kasih banyak,” ungkap Farrui.

Pada peringatan hari santri yang ketiga tahun ini, sejumlah kegiatan diselenggarakan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang ada di Kota Cirebon.( Nm)

Post A Comment:

0 comments: