BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
22 Tahun Beroperasi  Kini VDM 800 GS Menghiasi Jalan Siliwangi Kota Cirebon
E satu.com  ( Cirebon) - Terdapat pemandangan tak biasa kala melintasi kantor PT KAI (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon di Jalan Siliwangi Nomor 82, Kota Cirebon. Yang membuat berbeda yakni hadirnya Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM (Vehicle Dumping Machine) 800 GS sebagai monumen yang menghiasi halaman depan kantor PT KAI (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon.

Penggunaan VDM 800 GS menjadi spesial karena merupakan monumen mesin perawatan jalan rel pertama yang ada di Indonesia. Pembangunan monumen ini dilatarbelakangi sebagai wujud apresiasi dan mengenang beroperasinya Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel tipe VDM 800 GS di wilayah kerja perkeretaapian Indonesia. VDM 800 GS merupakan mesin perawatan jalan rel buatan Austria dan pernah dioperasikan di Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiiun, Divre I Sumatera Utara dan Divre III Palembang. Pada awal pembeliannya di tahun 1988, sebanyak 9 unit mesin VDM 800 GS didatangkan ke Indonesia. VDM merupakan mesin mekanik berat untuk perawatan jalan rel yang dilengkapi alat pemadat dan vibrator yang berfungsi untuk memadatkan balas (batu kricak) diantara bantalan jalur rel kereta api. Hingga saat ini, hanya tersisa 1 mesin VDM 800 GS yang masih beroperasi di wilayah kerja PT KAI dan saat ini berada di Daop 7 Madiun. Mesin Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS yang kini digunakan sebagai monumen, telah beroperasi kurang lebih selama 22 tahun.

Tercatat pada tahun 2010 lalu, VDM 800 GS ini dinyatakan sudah tidak beroperasi dan mangkrak di emplasemen Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan. Melihat hal tersebut, Vice President PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi berinisiatif untuk menjadikannya monumen yang juga diharapkan menjadi salah satu ikon di kota Cirebon dimana lokasinya bersebelahan dengan Balaikota Cirebon.
22 Tahun Beroperasi  Kini VDM 800 GS Menghiasi Jalan Siliwangi Kota Cirebon

Keberadaan monumen ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pembelajaran terkait perkeretaapian. Monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS juga sebagai simbol bahwa PT KAI Daop 3 Cirebon siap dengan prasarana jalan rel yang andal, untuk mensupport kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api. Untuk di wilayah Daop 3 Cirebon, tercatat sebanyak 192 KA melintas per harinya. Sehingga dengan berdirinya monument tersebut, diharapkan dapat menjadi penyemangat jajaran PT KAI Daop 3 Cirebon untuk selalu kuat, kokoh dan optimis untuk terus meningkatkan kehandalan dan kecepatan prasarana kereta api, serta terus berinovasi untuk kemajuan PT KAI. Acara peresmian monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro bertepatan dengan hari Pahlawan, tanggal 10 November 2019.

Dengan adanya monumen ini, diharapkan dapat menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Kota Cirebon sehingga semakin mencintai transportasi kereta api. Hadirnya monumen ini juga turut mempercantik dan menambah daya tarik pariwisata Kota Cirebon seiring dengan pembenahan dan penataan kota yang sedang berjalan. (Uki)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top