Hindari Banjir Di Musim Hujan Warga Di Minta Untuk Bersih-Bersih Saluran Air
E satu.com ( Cirebon) - Jelang musim penghujan, warga diminta untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan sekitarnya. Termasuk menjaga kebersihan sungai akan tidak dipenuhi oleh tumpukan sampah.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si., usai kegiatan padat karya tunai Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Cirebon berupa bersih-bersih di Sungai Cipadu, Kelurahan/Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Senin, 11 November 2019, menjelaskan jika saat ini kegiatan bersih-bersih sungai semakin rutin dilakukan. “Dua minggu lalu juga sudah kita lakukan, minggu lalu juga,” ungkap Anwar.
Hindari Banjir Di Musim Hujan Warga Di Minta Untuk Bersih-Bersih Saluran Air
Menjelang musim penghujan, Anwar meminta kegiatan bersih-bersih sungai semakin ditingkatkan. Harapannya, saat hujan turun dengan intensitas yang lebat, maka sungai sudah kembali ke fungsinya untuk menampung air dalam jumlah yang besar. Sehingga tidak terjadi banjir yang bisa berdampak pada rumah-rumah warga di Kota Cirebon yang terendam banjir.

Anwar juga menyambut baik kegiatan serta kepedulian yang dilakukan oleh IPC terhadap lingkungan, khususnya kebersihan sungai di Kota Cirebon. “Karena Kota Cirebin itu dikelilingi oleh sungai,” ungkap Anwar. Sayangnya, kesadaran masyarakat akan kebersihan masih minim. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya sampah yang berasal dari daerah hulu. Padahal posisi Kota Cirebon ada di daerah hilir. Sehingga sampah otomatis akan bertumpuk di Kota Cirebon.

Hindari Banjir Di Musim Hujan Warga Di Minta Untuk Bersih-Bersih Saluran Air
Sementara itu General Manager IPC Cabang Cirebon, Udin Mahmudin, menjelaskan jika kegiatan yang diselenggarakan hari ini merupakan rangkaian dari ulang tahun IPC. “Ada 4 zona untuk kegiatan bersih bersih sungai ini,” ungkap Udin. Selain itu di ujung sungai atau muara sungai mereka juga menyiapkan eskavator untuk melancarkan aliran air dari sungai ke laut. Namun tetap dengan harapan, sampah yang ada di sungai tidak mengotori laut sehingga dilakukanlah pembersihan di sungai-sungai tersebut.(Naim)

Post A Comment:

0 comments: