Herman Khaeron, BUMN Sebagai Perwujudan Dari Ekonomi Pancasila
E satu.com  ( Cirebon) - Permasalahan yang ada di beberapa BUMN saat ini menjadi suatu permasalahan yang harus diperbaiki agar BUMN dapat terus melayani masyarakat Indonesia sesuai dengan amanat UUD 45 dan Pancasila.

Saat Komisi VI DPR RI terus membangun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menggali persoalan - persoalan yang menyandra keberlangsungan perkembangan BUMN secara menyeluruh.

"Ada tiga hal persoalan yang ada di BUMN, yakni kemampuan keuangan internal, persoalan regulasi dan persoalan korelasi," ujar Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron usai melakukan pertemuan dengan BUMN di Jawa Barat yang bertempat disalah satu Hotel dibilangan Jl. Raya Brigjen Dharsono By Pass, Jum'at (7/2/20).

Dalam membangun BUMN tentunya harus ada sinergitas kepentingan antar seluruh BUMN yang ada. Untuk BUMN di penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang bisa membantu usaha di daerah harus terkorelasi dengan BUMN yang ada di sektor pangan.

"Sinergitas seperti ini yang harus dilakukan semua BUMN," kata Kang Hero sapaan akrabnya.

Ia menyebut, sinergitas bukan berarti hanya dibangun dari sesuatu pekerjaan besar, tapi pekerjaan yang terkorelasi langsung dengan rakyat. Baik dari sisi ketersediaan modal (Capital) maupun dari sisi ketersediaan Oppurtunity.

"Kalau BUMN dua - duanya tidak memberikan kontribusi, rakyat tidak bisa apa - apa," sebutnya.

Dijelaskan Kang Hero, bahwa esensi membangun BUMN bukan sekedar sebagai pohon fiskal (keuangan negara) akan tetapi BUMN sebagai perwujudan dari ekonomi Pancasila.

Masih kata dia, landasan ekonomi Pancasila berarti harus adanya keseimbangan antara swasta sebagai pendorong pertumbuhan, sedangkan BUMN juga sebagai badan usaha pelaksanaan penugasan pemerintah.

"Kalau swasta penuh artinya persaingan usaha sempurna berarti Liberalis. Kalau semua dikuasai negara berarti ekonomi sosialis," paparnya.

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, dengan mengurai persoalan, kemudian mencarikan solusi akan ketahuan bagaimana memajukan BUMN, bagaimana peran langsung memberikan dampak kesejahteraan rakyat dan dapat menopang pertumbuhan secara nasional. (Pgh/IP)

Post A Comment:

0 comments: