Malam Cap Gomeh Kota Cirebon Di Guyur Hujan Hingga Banjir Melanda Beberapa Tempat Di Cirebon
E satu.com  ( Cirebon) -  Di malam cap Gomeh 2020 Curah hujan  yang mengguyur hampir semalaman dan merata di Kota Cirebon menyebabkan sejumlah sungai meluap. 

Selain itu, derasnya hujan pun menyebabkan tanggul penahan air jebol hingga puluhan rumah tergenang air dan sebanyak 44 jiwa mengungsi. Beberapa tempat yang terdampak banjir diantaranya adalah, Rw 03 dan Rw 08 Kalijaga Kramat, Rw 16 RT 02 Pronggol Kriyan Timur, dan Rw 01 Rt 01 Gg. Cepun Kelurahan Drajat.

Banjir dengan ketinggian hingga 70 cm di   Kalijaga Kramat disebabkan oleh meluapnya sungai Suba dan kiriman air dari Kabupaten Kuningan. Luapan sungai yang sama pun menyebabkan banjir di Kelurahan Drajat hingga 150 cm. Sementara, Kriyan Timur tergenang air setinggi 60 cm karena sungai Kriyan tidak dapat menampung debit air yang besar. 

Luapan sungai Kedung Pane yang melintasi kota Cirebon menyebabkan beberapa rumah terendam air dengan ketinggian  1 meter hingga dada orang dewasa, Bena salah satu warga yang tinggal di Rw 01 Rt 05 Kelurahan Sukapura mengatakan bahwa rumahnya terndam hingga 1 mtr lebih.

" Meluapnya sungai kedung Pane berdampak msauknya air ke rumah hingga  dada orang dewasa , dan saya hanya bisa pasrahh saja ,mungkin ini musibah buat saya," Keluhnya

Sedikitnya 50 rumah warga terdampak banjir dan 15 rumah di Perumahan Buana Kalijaga tergenang air. Warga yang terdampak banjir sementara diungsikan di posko Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon terdiri dari perempuan 13 orang, lansia 7 orang, anak-anak 8 orang, dan bayi 16 orang.

Sementara, curah hujan yang tinggi mengakibatkan tanggul di sekitar Kesunean jebol menyebabkan sedikitnya 100 rumah di Kesunean Selatan Rt 07, Rt 08, dan Rw 09 Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon terendam air hingga setinggi 100 cm.

Jajaran Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614/Kota Cirebon menerjunkan personel untuk melakukan pengamanan dan evakuasi warga terdampak banjir.( Naim )

Post A Comment:

0 comments: