Taufik Hidayat Berempati Dengan Korban BanjirE satu.com  (Indr) - Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat langsung melakukan kunjungan dan peninjauan langsung terhadap daerah-daerah yang terkena banjir di Kabupaten Indramayu, Selasa (25/02/2020). Kunjungan tersebut untuk memastikan keadaan yang sebenarnya dan menjamin pemerintah daerah hadir bersama masyarakat Indramayu.

Kunjungan pertama dilakukan di Desa Bogor Kecamatan Sukra, di daerah ini Taufik Hidayat langsung mengunjungi lokasi-lokasi genangan air yang sampai masuk ke dalam rumah. Selanjutnya mendatangi kantor desa yang dijadikan sebagai posko pengungsian dan melihat langsung keadaan posko dan semua persiapan dari pihak yang terlibat dalam kegiatan penanganan bencana tersebut.

Setelah dari Kecamatan Sukra selanjutnya  bergeser ke Desa Bugel Kecamatan Patrol, di lokasi ini Taufik Hidayat langsung mengunjungi lokasi pengungsian yakni salah satu gedung serba guna dan terdapat puluhan ibu dan anak yang mengungsi.

Selanjutnya, kegigihan Taufik Hidayat untuk meninjau langsung daerah yang terkena banjir dilanjutkan ke Desa Sidamulya Kecamatan Bongas. Disetiap daerah yang dikunjunginya itu, orang nomor satu di Indramayu tersebut mendapatkan sambutan yang hangat ditengah suasana yang dingin.

Taufik Hidayat mengatakan, banjir yang terjadi pada beberapa daerah di Kabupaten Indramayu disebabkan karena intensitas curah hujan yang tinggi terjadi di Kabupaten Indramayu dan wilayah hulu sungai yang melintasi Kabupaten Indramayu. Akibatnya, air dari pemukiman warga tidak bisa terbuang ke sungai karena kondisi air di sungai pun mengalami peningkatan.

"Air yang ada di pemukiman warga sulit keluar karena memang ada sungai yang meluap karena debit air tinggi dan juga ditambah saluran irigasi yang mengalami penurunan fungsi. Sementara saat ini curah hujan di Kabupaten Indramayu sangat tinggi," kata Taufik.

Pada kesempatan itu, telah disalurkan beberapa bantuan diantaranya bantuan sembako dan beras untuk Kecamatan Sukra dan Patrol masing-masing sebanyak 1 ton yang digunakan untuk kebutuhan penanganan bencana.

Sementara itu berdasarkan data yang masuk ke Pos Komando Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu, untuk Desa Bogor Kecamatan Sukra yang terkena banjir yakni 616 rumah dengan ketinggian air 50-80 centimeter. Sedangkan untuk Kecamatan Patrol yang terkena banjir yakni Desa Sukahaji 380 rumah, Desa Bugel 608 rumah, dan Desa Limpas 171 rumah dengan ketinggian air 30-50 centimeter.

Sedangkan di Kecamatan Bongas terdapat 6 desa yang terkena banjir yakni Desa Sidamulya 31 rumah, Desa Bongas 62 rumah, Desa Kertamulya 157 rumah, Desa Kertajaya 82 rumah, Desa Margamulya 70 rumah, dan Desa Plawangan 41 rumah. (iwan)

Post A Comment:

0 comments: