Tolak Penurunan Fungsi Hutan Gunung Ciremai
E satu.com  ( Kuningan ) - Terkait wacana penurunan fungsi hutan gunung ciremai yang tadinya TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) akan berubah menjadi TAHURA (Taman Hutan Raya) yang diinisiasi oleh PEMDA Kab Kuningan dengan alasan untuk manaikan PAD. 

Dianggap tidak sesuai dengan deklarasi kab kuningan sbg kab konservasi dan dengan fungsi gunung ciremai selama ini, salah satunya sebagai paru-paru,lumbung air serta pusat ekosistem di wilayah 3 Cirebon.

Dengan demikian ,fungsi hutan yang tepat untuk gunung ciremai adalah sebagai TAMAN NASIONAL dengan peraturan dan kebijakan yang ketat. yang tentu dapat melindungi dan menjaga gunung ciremai dengan baik dari tangan-tangan kepentingan politis dan kapitalis. dimana ketika fungsi hutannya diturunkan menjadi TAHURA akan banyak kelonggaran dalam pengelolaan dan bahkan berpotensi merusak ekosistem serta habitat alami gunung ciremai. di salah satu kebijakan TAHURA juga terdapat aturan di blok pemanfaatannya bisa mengeksploitasi Wilayah  kawasan yang memiliki potensi  penyimpanan dan atau Penyerapan Karbon, Masa Air, Energi Air, Energi Panas dan Energi Angin. yang tentu mungkin ini tujuan utama juga menurunkan status menjadi TAHURA agar korporat/investor bisa masuk dan mengekploitasi ciremai dg bebas yang banyak dampak negativ yang didapat di kemudian harinya.

Iwan salah satu aktifis pencinta alam salah satu perguuan Tinggi terkemuka di Cirebon mengatakan ketika terjadi penurunan fungi maka yang terjadi aalah rusaknya alam karna sntuhan manusia dmi keuntunga semata, naka dari itu kami mengajak untuk menolak wacana penurunan fungsi hutan TNBC menjai  TAHURA, Demi Kelestarian Ekosistem Gunung Ciremai yang tentunya telah memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia. " Tegasnya ( Iwan) 

Post A Comment:

0 comments: