Indramayu Raih Penghargaan Kabupaten Produksi Beras Tertinggi di Indonesia
E satu.com (Indramayu) - Perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2020 menjadi berkah tersendiri bagi Kabupaten Indramayu. Pasalnya, Kabupaten Indramayu menerima penghargaan dari Menteri Pertanian sebagai Kabupaten dengan Produksi Beras Tertinggi di Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo kepada Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, H. Takmid. Prosesi penyerahan berlangsung di Gedung Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (17/08/2020).

Indramayu Raih Penghargaan Kabupaten Produksi Beras Tertinggi di IndonesiaPenghargaan diberikan kepada Kabupaten Indramayu karena pada tahun 2019 lalu, karena Kementan menilai Indramayu mampu memproduksi padi sebanyak 1.376.429 ton gabah kering giling (GKG). Sedangkan produksi beras sebanyak 789.657 ton. Dalam catatan Kementan,  produksi padi Kabupaten Indramayu ini merupakan paling tertinggi di Indonesia, karenanya layak diapresiasi.

Taufik menegaskan, dalam upaya pencapaian target produksi beras dan padi,  Pemkab Indramayu telah mengeluarkan Perda Nomor 16 Tahun 2013 tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Dalam regulasi tersebut Pemkab Indramayu mengatur lahan pertanian abadi yang bertujuan untuk  agar melindungi lahan, serta tidak terjadi alih fungsi lahan pertanian.

Sementara di sisi lain, ujar Taufik, untuk pencapaian target produksi tersebut masih ditemukan berbagai kendala di lapangan seperti sistem irigasi, ketersediaan stok pupuk, dan lainnya.
Indramayu Raih Penghargaan Kabupaten Produksi Beras Tertinggi di Indonesia
"Berbagai kendala yang muncul di sektor pertanian secara perlahan kita terus lakukan upaya perbaikan. Bukan hanya target produksi yang kita kejar. Namun lebih dari itu, kita berharap ini berbanding lurus dengan kesejahteraan para petani di Kabupaten Indramayu," tegas Taufik.
Sementara itu di terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, H. Takmid seusai menerima penghargaan mengatakan, dengan penghargaan itu akan semakin menguatkan para petani di Kabupaten Indramayu untuk mewujudkan pertanian unggul. (iwan)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top