KPw BI Cirebon Siapkan Uang Pecahan baru Edisi 75 Tahun Kemerdekaan RI Untuk Masyarakat
E satu.com (Cirebon) - Setelah diluncurkannya uang rupiah khusus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia oleh Gubernur Bank Inonesia . Kantor Perwakilan BI Cirebon menyiapkan  Uang rupiah khusus yang diterbitkan Bank Indonesia pecahan  Rp 75.000 untuk masyarakat dengan persyaratan khusus.

Secara virtual di Kota Cirebon peluncuran  uang pecahan 75.000 edisi khusus ini  diluncurkan oleh Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Artanta bersama jajaran Pemerintah Kota dan Forkompimda Kota Cirebon di ruang Adipura Balikota Cirebon.

Karena Ini menjadi momen langka mengingat Bank Indonesia biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin. Secara Virtual Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, uang rupiah tersebut tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat.

Oleh karena itu, uang dicetak terbatas. Uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan. Peluncuran uang rupiah khusus untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus, dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. "Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nomimal Rp 75 ribu dengan jumlah lembar yang dicetak 75 juta lembar.

KPw BI Cirebon Siapkan Uang Pecahan baru Edisi 75 Tahun Kemerdekaan RI Untuk Masyarakat Ditandangani oleh menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI," kata Sri Mulyani secara virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

Adapun uang kertas Rp 75.000 itu didominasi oleh warna merah, putih, dan hijau. Tema dan makna filosofisnya adalah mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang. Tema ini digambarkan melalui desain mata uang yang meliputi halaman muka, dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Desain dilengkapi pula dengan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Beberapa yang digambarkan, di antaranya adalah jembatan, MRT, dan tol trans jawa. Pada halaman belakang mata uang, bermakna memperteguh kemerdekaan. Desainnya meliputi sejumlah anak-anak berpakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Diselipkan pula motif tenun nusantara, yang diwakili tenun dari bali, batik kawung dari Jawa, dan songket khas Sumatera selatan yg menggambarkan kebaikan, keanggunan, dan kesucian.
KPw BI Cirebon Siapkan Uang Pecahan baru Edisi 75 Tahun Kemerdekaan RI Untuk Masyarakat
Di halaman belakang pula, yang memiliki makna menyongsong masa depan gemilang di era digital, digambarkan satelit merah putih sebagai jembatan komunikasi NKRI. Begitu pula dengan peta Indonesia emas pada bola dunia yang melambangkan peran strategis indonesia dalam kancah global.

Sementara gambar anak-anak memakai pakaian tradisional menggambarkan SDM unggul. Baca juga: Bukan Uang Koin Gambar Sawit, Ini Uang Logam Termahal Bank Indonesia Sebelumnya, Bank Indonesia juga telah mengeluarkan beberapa seri uang rupiah khusus. Misalnya pada seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, BI pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda, dan gambar belakang burung cendrawasih. Uang tersebut dibuat dengan bahan logamperak kadar 1000/1000 dengan berat 8 gram serta diameter 26 milimeter. Selain itu, dengan seri serta bahan yang sama, BI juga pernah mengeluarkan uang dengan gambar muka lambang negara burung garuda serta gambar belakang arca batu Manjusyri dari Candi Tumpang, Malang.
KPw BI Cirebon Siapkan Uang Pecahan baru Edisi 75 Tahun Kemerdekaan RI Untuk Masyarakat
Bakti juga menyampaikan untuk mendapatkan uang terebut KPw BI Cirebon menyiapkan penukaran dengan nilai yang sama dengan persayaratan membawa KTP dan berlaku hanya satu lembar nilai 75.000 per orang.

Selain bisa menukarkan di kantor KPw BI Cirebon kedepannya juga dapat menukarkan di lima perbankan seperti di bank Mandiri, BRI.BNI,BcA, Niaga.." Pungkasnya ( Pgh)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top