Ulang Tahun ke 651 Cirebon, Wali Kota: Semangat Bersama Membangun Kembali di Masa Pandemi Covid-19
E satu.com (Cirebon) - Wali Kota Cirebon mengajak kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk membeli produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Cirebon. Semangat membangun bersama diminta diterapkan untuk membangun kembali Kota Cirebon di masa pandemi Covid-19 ini. 

Ulang Tahun ke 651 Cirebon, Wali Kota: Semangat Bersama Membangun Kembali di Masa Pandemi Covid-19 Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat Upacara Peringatan Hari jadi Cirebon ke 651 tahun 1442 H/2020 M di halaman Setda Balaikota Cirebon, Kamis, 20 Agustus 2020. “Pada kesempatan ini, kami secara khusus meminta kepada ASN untuk bisa membeli produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM di Kota Cirebon,” ungkap Azis. Dengan membeli produk UMKM Azis yakin perekonomian di Kota Cirebon perlahan bisa meningkatkan. Terlebih jika tindakan membeli produk UMKM tersebut juga diikuti dan dilakukan bersama-sama oleh seluruh masyarakat Kota Cirebon.

Ulang Tahun ke 651 Cirebon, Wali Kota: Semangat Bersama Membangun Kembali di Masa Pandemi Covid-19
Pada kesempatan itu Azis juga mengingatkan bahwa ulang tahun Cirebon ke 651 tahun ini mengambil tema semangat membangun bersama. “Tema tersebut terasa sangat tepat untuk menyemangati kita semua dalam menggerakkan kembali dinamika kehidupam masyarakat Kota Cirebon di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Azis. Semangat membangun bersama menurut Azis jauh dari tafsir ‘siapa memiliki tahta apa’, ‘siapa harus melakukan apa’, dan ungkapan personal lainnya.  “Namun ini kerja gotong royong ,” tegas Azis.

Ulang Tahun ke 651 Cirebon, Wali Kota: Semangat Bersama Membangun Kembali di Masa Pandemi Covid-19 Dengan semangat membangun bersama pula maka agenda-agenda penting terkait program prioritas ‘bersih, hijau dan tertib’ yang sempat tertunda tahun ini kembali dirancang ulang. “Kita semua tahu, pandemi Covid-19 membuat APBD Kota Cirebon mengalami banyak penyesuaian,” ungkap Azis. Dijelaskan Azis, pandemi Covid-19 telah membuat Anggaran Pendapatan Daerah 2020 mengalami penyesuaian dan terkontraksi sebesar 12,79 persen. Anggaran belanja juga mengalami rasionalisasi dan refocusing untuk belanja pencegahan dan penanganan dampak Covid-19 serta mengalami penurunan sebesar 12,20 persen. Sedangkan belanja langsung2020 yang mengalami rasionalisasi juga menurun sebesar 21,95 persen. “Insya Allah program yang tertunda kita realisasikan 2021,” ungkap Azis.

Ulang Tahun ke 651 Cirebon, Wali Kota: Semangat Bersama Membangun Kembali di Masa Pandemi Covid-19
Namun Azis tetap menekankan untuk melaksanakan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat. “Jangan sekali-kali kita mengendorkan upaya pencegahan dan penanggulangannya,” tegas Azis. upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 akan dilakukan bersama-sama oleh seluruh Pemda Kota Cirebon dengan bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat.

Usai peringatan Hari Jadi Cirebon ke 651 tahun 1442 H/2020 M dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Cirebon ke 651. Sebelum menghadiri sidang paripurna, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., terlebih dahulu melepas bus yang membawa sejumlah orang untuk melakukan City Tour ke sejumlah lokasi wisata di Kota Cirebon. City Tour ini sebagai momen untuk meningkatkan kembali pariwisata di kota Cirebon sekaligus untuk senantiasa menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di lokasi-lokasi wisata.
Ulang Tahun ke 651 Cirebon, Wali Kota: Semangat Bersama Membangun Kembali di Masa Pandemi Covid-19
Selanjutnya malam nanti akan digelar pembacaan Babad Cirebon di Keraton Kanoman. Pembacaan Babad Cirebon tersebut menceritakan dibangunnya Cirebon. Dengan pembacaan babad Cirebon yang dilakukan setiap 1 Muharam yang juga bertepatan dengan ulang tahun Cirebon diharapkan bisa memberikan motivasi dan dorongan spritual bagi masyarakat agar terus ingat pada latar belakang sejarah budaya Cirebon.(PGH)

Post A Comment:

0 comments: